PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIIIDI SMP NEGERI 1 NATAR

Evita, Merlyza (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIIIDI SMP NEGERI 1 NATAR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 DAN BAB 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI EVITA MERLYZA  FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 NATAR Oleh Evita Merlyza Penelitian ini dilatar belakangi oleh motivasi dan minat belajar siswa yang rendah di SMP negeri 1 Natar. Hal ini disebabkan karena pendidik masih cenderung menggunakan model pembelajaran yang konvensional yang mengakibatkan peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap motivasi dan minat belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Natar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan Post Test Only Control Design. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Natar. Teknik pengambilan sampel dengan Teknik Cluster Random Sampling dengan sampel kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan berupa angket motivasi belajar dan angket minat belajar. Penelitian ini menggunakan Uji Independent Sampel T-test dengan memperoleh nilai sig. 0,000 maka sesuai dengan kriteria Uji T berarti H1 diterima, artinya model Flipped Classroom berpengaruh terhadap motivasi belajar dan minat belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Natar. Kata Kunci : Flipped Classroom, Motivasi belajar, Minat belajar iv ABSTRACT THE EFFECT OF THE FLIPPED CLASSROOM LEARNING MODEL ON THE MOTIVATION AND LEARNING INTEREST OF GRADE VIII STUDENTS AT SMP NEGERI 1 NATAR By Evita Merlyza This research is motivated by the low motivation and interest in learning of students at SMP Negeri 1 Natar. This is because educators still tend to use conventional learning models which result in students being less active in learning. The purpose of this study was to determine the effect of the Flipped Classroom learning model on the motivation and learning interest of Grade VIII students at SMP Negeri 1 Natar. The type of research used is quantitative. The research design used was the Post Test Only Control Design. The population of this research is class VIII students of SMP Negeri 1 Natar. The sampling technique used the Cluster Random Sampling Technique with a sample of class VIII A as the experimental class and class VIII B as the control class. The instrument used is a learning motivation questionnaire and a learning interest questionnaire. This study used the Independent Sample T-test by obtaining a sig. 0.000, according to the criteria for the T test, it means that H1 is accepted, meaning that the Flipped Classroom model has an effect on learning motivation and learning interest in class VIII students at SMP Negeri 1 Natar. Keywords: Flipped Classroom, motivation to learn, interest in learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Sep 2023 02:05
Last Modified: 19 Sep 2023 03:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30255

Actions (login required)

View Item View Item