PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK RAMAH LINGKUNGAN DIMEDIASI OLEH GREEN PURCHASE INTENTION DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada Gen Z di Bandar Lampung)

DELVIANSYAH, ADE PATRA (2023) PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK RAMAH LINGKUNGAN DIMEDIASI OLEH GREEN PURCHASE INTENTION DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada Gen Z di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of DELVIANSYAH FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah global yang disebut peringatan global menimbulkan kekhawatiran masyarakat terhadap kerusakan lingkungan yang semakin mengancam, sehingga meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pelestarian lingkungan. Konsep green marketing dalam perusahaan sebagai bentuk perhatian terhadap isu-isu kerusakan lingkungan yang kemudian dikembangkan perusahaan untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat dalam menumbuhkan green purchase intention. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah green marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk ramah lingkungan pada gen z di bandar lampung? Serta, apakah green purchase intention mampu memediasi hubungan antara green marketing dan keputuan pembelian? Lalu, bagaimana urgensinya dalam perspektif bisnisIslam? Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian serta menguji green purchase intention sebagai pemediasi pengaruh antara green marketing dan keputusan pembelian produk ramah lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah gen Z Kota Bandar Lampung yang sudah pernah melakukan pembelian produk ramah lingkungan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang, dengan teknik purposive sampling yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner menggunakan skala likert 5 poin. Analisis data menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil peneliti menunjukan bahwa green marketing mampu meningkatkan keputusan pembelian, baik secara langsung maupun tidak langsung yaitu melalui peningkatan green purchase intention sebagai pemediasi yang berdampak pada peningkatan keputusan pembelian produk ramah lingkungan di Kota Bandar Lampung. Apabila green marketing diimbangi dengan green purchase intention, maka gen Z tidak akan ragu dalam melakukan keputusan pembelian terhadap produk ramah lingkungan. Kata Kunci: Kerusakan Lingkungan, Green Marketing, Green Purchase Intention, Keputusan Pembelian. ABSTRACT A global problem called a global warning raises public concern about environmental damage which is increasingly threatening, thus increasing public awareness about environmental preservation. The concept of green marketing within the company is a form of attention to issues of environmental damage which is then developed by the company to determine the right marketing strategy in growing green purchase intention. The formulation of the problem in this study is whether green marketing influences purchasing decisions for environmentally friendly products for Gen Z in Bandar Lampung? Also, is green purchase intention able to mediate the relationship between green marketing and purchasing decisions? Then, what is the urgency in the perspective of Islamic business? The purpose of this study was to examine the effect of green marketing on purchasing decisions and to test green purchase intention as a mediating influence between green marketing and purchasing decisions for environmentally friendly products. This study uses a descriptive quantitative approach. The population in this study is gen Z in Bandar Lampung City who have purchased environmentally friendly products. The sample in this study amounted to 100 people, with a purposive sampling technique which was collected using a questionnaire using a 5-point Likert scale. Data analysis uses the Partial Least Square (PLS) approach. The results of the research show that green marketing is able to increase purchasing decisions, both directly and indirectly, namely through increasing green purchase intention as a mediator which has an impact on increasing purchasing decisions for environmentally friendly products in Bandar Lampung City. If green marketing is balanced with green purchase intention, then Gen Z will not hesitate in making purchasing decisions for environmentally friendly products. Keywords: Environmental Damage, Green Marketing, Green Purchase Intention, Purchase Decision.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:36
Last Modified: 18 Sep 2023 06:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30244

Actions (login required)

View Item View Item