PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR ANALITIS DAN EFIKASI DIRI PESERTA DIDIK KELAS X MIA SMA NEGERI 1 KEBUN TEBU LAMPUNG BARAT

Eka, Sukaesih (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR ANALITIS DAN EFIKASI DIRI PESERTA DIDIK KELAS X MIA SMA NEGERI 1 KEBUN TEBU LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of EKA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhdap kemampuan berpikir analitis dan efikasi diri peserta didik kelas X MIA dan X MIA SMAN Kebuntebu. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design, pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan melibatkan kelompok belajar peserta didik yang berjumlah peserta didik untuk kelas Eksperimen dan peserta didik untuk kelas Kontrol. Instrument dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan berpikir analitis dan efikasi diri peserta didik berupa soal essay yaitu pretest, posttest dan angket. Berdasarkan hasil penelitian setelah dapat di katakana normal dan homogeny, selanjutnya data di lakukan uji hipotesis menggunakan SPSS sesuai data, di peroleh nilai signifikan kedua kelas penelitian < H di terima sehingga hasil uji tersebut dapat di katakana bahwa model pembelajaran Problem Based Learning sebelum dan sesudah perlakuan terdapat perbedaan atau ketidaksamaan. Dapat dilihat dari perolehan data posttest setelah di lakukan perlakuan kepada kedua kelas, masing-masing terdapat perbedaan. Pada peneilitan ini hasil kelas eksperimen lebih tinggi atau unggul. Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Berpikir Analitis, Efikasi diri iv ABSTRACT This study aims to determine the effect of the problem based learning (PBL) learning model on the analytical thinking skills and self-efficacy of students in class X MIA and X MIA SMAN Kebuntebu. The research method used was Quasi Experimental Design. The sample for this study used a random sampling technique involving study groups of students, totaling students for the Experiment class and students for the Control class. The instrument in this study used tests of students' analytical thinking skills and self-efficacy in the form of essay questions, namely pretest, posttest and questionnaires. Based on the results of the study after it can be said to be normal and homogeneous, then the data is tested using SPSS according to the data, the significant value obtained for both research classes < H is accepted so that the test results can be said that the learning model is Problem Based Learning before and after treatment there are differences or dissimilarities. It can be seen from the acquisition of posttest data after being treated for both classes, there are differences in each. In this research, the results of the experimental class were higher or superior. Keywords: Problem Based Learning Learning Model, Analytical Thinking, Self-efficacy

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:10
Last Modified: 11 Sep 2023 08:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30171

Actions (login required)

View Item View Item