TINJAUAN SIYASAH TANFIDZIYYAH TERHADAP PENERAPAN PERATURAN DAERAH KOTA BANDAR LAMPUNG NOMOR 1 TAHUN 2018 TENTANG KETENTRAMAN MASYARAKAT DAN KETERTIBAN UMUM PADA RUMAH KONTRAKAN (Studi Rumah Kontrakan Di Pulau Legundi Gang Bahuga Kelurahan Sukabumi Kota Bandar Lampung)

ATINA, FITRIA (2023) TINJAUAN SIYASAH TANFIDZIYYAH TERHADAP PENERAPAN PERATURAN DAERAH KOTA BANDAR LAMPUNG NOMOR 1 TAHUN 2018 TENTANG KETENTRAMAN MASYARAKAT DAN KETERTIBAN UMUM PADA RUMAH KONTRAKAN (Studi Rumah Kontrakan Di Pulau Legundi Gang Bahuga Kelurahan Sukabumi Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ATINA FITRIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: pertama, bagaimana penerapan Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 1 Tahun 2018 pada rumah kontrakan di Pulau Legundi Gang Bahuga, kedua, bagaimana tinjauan fiqh siyasah terhadap penerapan Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 1 Tahun 2018 di Pulau Legundi Gang Bahuga. Tujuan dari penelitian ini adalah: pertama penerapan Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 1 Tahun 2018 pada rumah kontrakan di Pulau Legundi Gang Bahuga, kedua, untuk mengetahui tinjauan fiqh siyasah terhadap penerapan Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 1 Tahun 2018 di Pulau Legundi Gang Bahuga. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Jenis penelitian ini adalah field research. Berdasarkan sifatnya penelitian ini bersifat deskriptif analisis. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini deskriptif analisis serta dengan metode berpikir induktif Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa masyarakat di Pulau Legundi Gang Bahuga dalam menerapkan Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Ketentraman Masyarakat dan Ketertiban Umum dilakukan dengan melaksanakan penertiban bagi tamu penyewa rumah kontrakan bekerja sama dengan pemilik dan penyewa rumah kontrakan dan masyarakat. Penerapan Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Ketentraman Masyarakat dan Ketertiban Umum yang dilaksanakan oleh masyarakat, penyewa dan pemilik kontrakan di Pulau Legundi Gang Bahuga sebagai unsur pelaksana dari Pemerintah Daerah dan dalam kaitannya dengan siyasah tanfidziyyah adalah pelaksanaan pemerintah daerah dapat diterima dengan syariah Islam karena yang dilakukan masyarakat dalam rangka menjaga ketentraman masyarakat dan ketertiban umum upaya agar masyarakat mendapat manfaat yang lebih baik di dalamnya. Kata Kunci: siyasah tanfidziyyah, peraturan daerah, rumah kontrakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Sep 2023 02:34
Last Modified: 06 Sep 2023 02:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30101

Actions (login required)

View Item View Item