P E N G E M B A N G A N M E D I A H A N D O U T ELEKTRONIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING (DLPS) PADA MATERI FISIKA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA/MA

Miranda, Agustina (2023) P E N G E M B A N G A N M E D I A H A N D O U T ELEKTRONIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING (DLPS) PADA MATERI FISIKA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA/MA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengembangan media Handout Elektronik dengan menggunakan model Double Loop Problem Solving (DLPS) pada materi fisika untuk mengetahui kelayakan Handout Elektronik dan mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap Handout Elektronik yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan yaitu berupa lembar wawancara, angket analisis kebutuhan, lembar validasi, angket respon pendidik dan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pengembangan Handout Elektronik dengan menggunakan model Double Loop Problem Solving (DLPS) pada materi fisika untuk peserta didik kelas X SMA/MA yang di desain dengan menggunakan Smart Apps Creator penilaian dari ahli materi dan ahli media memperoleh kategori ”Sangat layak” dengan persentase validasi ahli materi sebesar 83% dan ahli media sebesar 79%. Sedangkan respon dari pendidik dan peserta didik memberikan respon positif terhadap kelayakan dan kemenarikan Handout Elektronik dengan respon pendidik sebesar 89%, uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 90%, dan uji coba lapangan memperoleh nilai sebesar 78%, sehingga dapat dikatakan bahwa Handout Elektronik dengan menggunakan model Double Loop Problem Solving (DLPS) pada materi fisika untuk peserta didik kelas X SMA/MA yang didesain dengan Smart Apps Creator sangat layak dan sangat menarik untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Double Loop Problem Solving (DLPS), Handout Elektronik, Smart Apps Creator (SAC), Media Pembelajaran iv ABSTRACT This study aims to develop Electronic Handout media using the Double Loop Problem Solving (DLPS) model on physics material to determine the feasibility of Electronic Handouts and to determine the response of educators and students to the Electronic Handouts being developed. This type of research is Research and Development (R&D) with the ADDIE model which consists of 5 stages, namely: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The instruments used are in the form of interview sheets, needs analysis questionnaires, validation sheets, educator and student response questionnaires. Based on the research results, it was found that the development of Electronic Handouts using the Double Loop Problem Solving (DLPS) model on physics material for class X SMA/MA students who were designed using the Smart Apps Creator in the assessment of material experts and media experts obtained the category "Very feasible" with a percentage of material expert validation of 83% and media experts of 79%. While the response from educators and students gave a positive response to the feasibility and attractiveness of the Electronic Handout with the educator's response of 89%, small group trials obtained a percentage of 90%, and field trials obtained a value of 78%, so it can be said that Electronic Handouts with using the Double Loop Problem Solving (DLPS) model in physics material for class X SMA/MA students designed with the Smart Apps Creator is very feasible and very interesting to use in the learning process. Keywords: Double Loop Problem Solving (DLPS), Electronic Handouts, Smart Apps Creator (SAC), Learning Media

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Sep 2023 06:51
Last Modified: 05 Sep 2023 06:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30092

Actions (login required)

View Item View Item