PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA ALAT PERAGA TATA SURYA UNTUK PESERTA DIDIK TUNANETRA KELAS IX DI SLB A BINA INSANI BANDAR LAMPUNG

AHMAD, EFENDI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA ALAT PERAGA TATA SURYA UNTUK PESERTA DIDIK TUNANETRA KELAS IX DI SLB A BINA INSANI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK AHMAD.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan observasi yang telah dilakukan didapatkan informasi bahwa masih ada yang menjadi kendala dalam pembelajaran IPA di SLB, salah satunya yaitu media pembelajaran yang digunakan masih minim sedangkan media pembelajaran berupa alat peraga di sekolah tersebut sangat dibutuhkan terutama media pembelajaran yang dapat digunakan selain menggunakan indra visual (pengelihatan). Alat peraga tata surya belum pernah dikembangkan di sekolah tersebut, padahal tata surya merupakan salah satu materi yang dipelajari. Peserta Didik kesulitan memvisualkan planet-planet dalam tata surya. Maka diperlukan pengembangan media pembelajaran berupa alat peraga tata surya untuk memudahkan pendidik dan Peserta Didik dalam melakukan proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan alat peraga, kelayakan alat peraga, dan untuk mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap kelayakan alat peraga. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan mengadopsi model ADDIE dari Dick dan Carry yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Sampel dalam penelitian ini yaitu pendidik dan peserta didik di SLB A Bina Insani Bandar Lampung. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan wawancara. Hasil dari penelitian ini yaitu produk media pembelajaran berupa alat peraga tata surya yang sangat layak, karena telah memenuhi tahapan uji validasi dan uji coba dengan persentase pencapaian sebesar 87,67% menurut ahli materi, 91% menurut ahli media, 85% menurut pendidik, 83,33% uji coba kelompok kecil, dan 86,67% uji coba kelompok besar. Dari penelitian dan pengembangan ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa alat peraga tata surya memenuhi persyaratan dengan kualitas sangat layak dan sangat menarik digunakan sebagai media pembelajaran untuk peserta didik tunanetra kelas IX di SLB. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Alat Peraga, Tata Surya, Tunanetra iii ABSTRACT Based on the observations that have been made, it is obtained information that there are still obstacles in learning science in SLB, one of which is that the learning media used is still minimal while the learning media in the form of visual aids at the school is really needed, especially learning media that can be used in addition to using the visual sense ( vision). Solar system teaching aids have never been developed at the school, even though the solar system is one of the materials studied. Students have difficulty visualizing the planets in the solar system. So it is necessary to develop learning media in the form of solar system visual aids to make it easier for educators and students to carry out the teaching and learning process. This study aims to determine the process of developing teaching aids, the feasibility of teaching aids, and to determine the response of educators and students to the feasibility of teaching aids. The type of research used is Research and Development (R&D) by adopting the ADDIE model from Dick and Carry which consists of 5 stages namely Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. The sample in this study were educators and students at SLB A Bina Insani Bandar Lampung. Data collection methods used in the form of questionnaires and documentation. The results of this study are learning media products in the form of solar system teaching aids which are very feasible, because they have fulfilled the validation and trial testing stages with an achievement percentage of 87.67% according to material experts, 91% according to media experts, 85% according to educators, 83 .33% small group trials, and 86.67% field trials. From this research and development it can be concluded that the learning media in the form of solar system equipment meets the requirements with very decent quality and is very interesting to use as a learning medium for blind students in class IX at SLB. Keywords: Learning Media, Teaching Aids, Solar System, Blind

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Sep 2023 03:48
Last Modified: 05 Sep 2023 03:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30085

Actions (login required)

View Item View Item