PENGARUH DELIVERY SPEED, SHIPMENT TRACKING DAN TRUST DALAM MENCIPTAKAN KEPUASAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE SHOPEE DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi pada Pengguna Shopee di Kecamatan Sukarame)

RUDI, SETIAWAN (2023) PENGARUH DELIVERY SPEED, SHIPMENT TRACKING DAN TRUST DALAM MENCIPTAKAN KEPUASAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE SHOPEE DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi pada Pengguna Shopee di Kecamatan Sukarame). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of RUDI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pada saat ini teknologi internet berkembang cukup pesat, salah satunya dibidang bisnis e-commerce yang dapat mendorong bisnis konvensional beralih menjadi bisnis digital. Shopee merupakan salah satu platform e-commerce yang cukup dikenal masyarakat luas dan paling unggul dalam menarik perhatian konsumen berdasarakan laporan Top Brand Index (TBI) . Namun beberapa bulan belakangan, ditemukan beberapa pelanggan yang memberikan keluhan pada kolom komentar mengenai kecepatan waktu pengiriman jasa tersebut. Selain itu juga, berdasarkan pra-riset yang peneliti lakukan, membuktikan bahwa memang terdapat keluhan mengenai kecepatan waktu pengiriman, pernah adanya kendala pada sistem pelacakan, aplikasi Shopee yang semakin berat (sulit) untuk diakses. Secara teoretis, berangkat dari saran penelitian Arya Jaya Kusuma dan Rutinalas Haholongan untuk dapat menggunakan variabel lain diluar variabel harga, kualitas pelayanan, dan ketepatan pengiriman agar dapat mengembangkan penelitian ini yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Delivery Speed, Shipment Tracking, dan Trust dalam menciptakan kepuasan pembelian online di marketplace Shopee Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung yang menggunakan Shopee. Sampel dalam penelitian ini berjumlah orang, diperoleh dengan teknik purposive sampling yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner menggunakan skala likert poin. Analisis data menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS) dengan bantuan alat statistik Smart-PLS . Hasil penelitian menunjukan bahwa Delivery Speed berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pembelian. Shipment Tracking berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pembelian. Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pembelian. Kemudian, secara simultan (bersamaan) Delivery Speed, Shipment Tracking dan Trust berpengaruh terhadap kepuasan pembelian sebesar pada pengguna Shopee di Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung. Kata Kunci: Delivery Speed, Shipment Tracking, Trust, Kepuasan Pembelian, Etika Bisnis Islam. ABSTRACT At this time internet technology is developing quite rapidly, one of which is in the business sector e-commerce which can encourage conventional businesses to turn into digital businesses. Shopee is one of platform e-commerce which is quite well known to the wider community and is the most superior in attracting consumer attention based on reports Top Brand Index (TBI) . However, in recent months, several customers have been found who have complained in the comments column regarding the speed of delivery of these services. Apart from that, based on the pre-research that the researchers did, it proved that there were indeed complaints about the speed of delivery time, there had been problems with the tracking system, the application Shopee which is getting heavier (difficult) to access. Theoretically, departing from the research suggestions of Arya Jaya Kusuma and Rutinalas Haholongan to be able to use other variables besides price, service quality, and delivery accuracy in order to develop this research that affects customer satisfaction. The purpose of this research is to examine the effectDelivery Speed, Shipment Tracking, and Trust in creating online purchase satisfaction in the marketplace Shopee Islamic Business Ethics. This study uses a descriptive quantitative approach. The population in this study is the people of Sukarame District, Bandar Lampung City who useShopee. The sample in this study amounted to people, obtained by technique purposive sampling collected using a questionnaire using a -point Likert scale. Data analysis using approach Partial Least Square (PLS) with the help of statistical toolsSmart-PLS . The research results show thatDelivery Speed positive and significant effect on purchase satisfaction.Shipment Tracking positive and significant effect on purchase satisfaction.Trust positive and significant effect on purchase satisfaction. Then, simultaneously (simultaneously) Delivery Speed, Shipment Tracking and Trust effect on purchase satisfaction of of users Shopee in Sukarame District, Bandar Lampung City. Keywords: Delivery Speed, Shipment Tracking, Trust, Customer Satisfaction, Islamic Business Ethics.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:55
Last Modified: 04 Sep 2023 03:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30050

Actions (login required)

View Item View Item