PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI DI MADRASAH ALIYAH AL-FATAH NATAR LAMPUNG SELATAN

ASWATUN, HASANAH (2023) PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI DI MADRASAH ALIYAH AL-FATAH NATAR LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of cover bab 1+5&dapus.pdf] PDF
Download (15MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK Motivasi belajar yang kurang dalam diri santri dapat mengakibatkan kurangnya semangat dalam belajar serta akan berpengaruh pada hasil belajarnya. Kurangnya motivasi belajar terlihat ketika santri diberikan materi santri cenderung cuek atau sibuk dengan kepentingannya sendiri seperti melamun dan ngobrol dengan teman sebangkunya serta hasil nilai belajarnya pun menurun. Di Madrasah Aliyah ini salah satu cara agar santri mampu meningkatkan motivasi dalam belajarnya Madrasah Aliyah memberikan sebuah pelayanan yaitu layanan bimbingan klasikal. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dalam meningkatkan motivasi belajar santri di Madrasah Aliyah Al-Fatah Natar Lampung Selatan. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan), dengan metode penelitian kualitatif deskriptif yaitu dengan menggambarkan secara lengkap data yang diperoleh dilapangan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini ada 6 orang yang terdiri 1 guru bimbingan konseling, 1 guru wali kelas dan 4 santri yang berada di Madrasah Aliyah Al�Fatah. Teknik analisis data yang digunakan penulis adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan pemeriksaan data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dalam meningkatkan motivasi belajar santri dilakukan dengan mengikuti tahapan-tahapan sebagai berikut: 1) Tahap persiapan kegiatan, meliputi sasaran layanan, penetapan materi, metode dan teknik, tujuan yang ingin dicapai, mempersiapkan media, alat & bahan dan tempat & waktu pelaksanaan. 2) Pelaksanaan kegiatan, meliputi tahap awal/pendahuluan, tahap inti terdiri dari penyampaian materi & diskusi tanya jawab dan tahap akhir/penutup 3) Tahap evaluasi kegiatan, evaluasi dilakukan disetiap akhir pertemuan atau pelaksanaan layanan bimbingan klasikal yang dilakukan, guru bimbingan konseling dan wali kelas bekerjasama untuk melihat pengaruh dari pelaksanaan kegiatan layanan bimbingan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa santri di Madrasah Aliyah Al-Fatah secara pola pikir dapat dinilai cukup memberikan hasil yang baik dan sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Kata Kunci : Bimbingan Klasikal, Motivasi Belajar, Santri. ABSTRAC Less motivation to learn in students can result in a lack of enthusiasm in learning and will affect their learning outcomes. The lack of motivation to learn can be seen when students are given material, students tend to be ignorant or busy with their own interests, such as daydreaming and chatting with their peers and the results of their learning scores decrease. At Madrasah Aliyah, one of the ways for students to be able to increase motivation in their studies is to provide a service, namely classical guidance services. The purpose of this research is to find out the implementation of classical guidance services in increasing the learning motivation of students at Madrasah Aliyah Al-Fatah Natar, South Lampung. This type of research is field research, with a descriptive qualitative research method, namely by describing in full the data obtained in the field through interviews, observation and documentation. The data sources in this study were 6 people consisting of 1 counseling teacher, 1 homeroom teacher and 4 students who were at Madrasah Aliyah Al-Fatah. The data analysis technique used by the author is data collection, data reduction, data presentation, drawing conclusions and data checking. Based on the results of the research, it shows that the implementation of classical guidance services in increasing students' learning motivation is carried out by following the following stages: 1) The activity preparation stage, includes service objectives, determining materials, methods and techniques, objectives to be achieved, preparing media, tools & material and place & time of implementation. 2) Implementation of activities, including the initial/introductory stage, the core stage consisting of delivering material & discussion of questions and answers and the final/concluding stage 3) Activity evaluation stage, evaluation is carried out at the end of each meeting or implementation of classical guidance services carried out, counseling teachers and guardians class work together to see the effect of implementing classical guidance service activities. Based on the results of the study it is known that the students at Madrasah Aliyah Al-Fatah in terms of mindset can be considered sufficient to give good results and in accordance with the goals to be achieved. Keywords: Classical Guidance, Learning Motivation, Students.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Sep 2023 03:26
Last Modified: 01 Sep 2023 03:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30038

Actions (login required)

View Item View Item