PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMKN 3 LUBUKLINGGAU

PUTRI, AMALIA MAHARANI (2023) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMKN 3 LUBUKLINGGAU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL PUTRI AMALIA MAHARANI .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw adalah kegiatan belajar secara kelompok kecil, siswa belajar dan bekerjasama sampai kepada pengalaman belajar yang maksimal, baik individu maupun kelompok. Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam menguasai mata pelajaran untuk mencapai prestasi yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris, pengaruh signifikan antara model cooperative learning Tipe Jigsaw terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMKN 3 Lubuk Linggau. Siswa kelas 11 yang kebetulan ada dua kelas yaitu 11a dan 11b yang masing-masing terdiri dari 35 orang siswa dalam kelas tersebut sehingga ditetapkan sebagai jumlah sampel. Data yang digunakan adalah data primer dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis pada penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dan uji beda rata-rata. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah program SPSS Versi 20. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa model cooperative learning tipe jigsaw berpengaruh positif dan signifikan terhadap keaktifan belajar siswa di SMKN 3 Lubuk Linggau. Selanjutnya perlu dilakukan evaluasi dan dipertimbangkan oleh pihak sekolah untuk menerapkan model cooperative learning tipe jigsaw, demi meningkatkan keaktifan belajar siswa. Kata kunci: Model Cooperative Learning, Tipe Jigsaw, Keaktifan Belajar iv ABSTRACT A cooperative study of jigsaw types is a small group of study activities., students study and work together, up to the maximum learning experience., both individuals and groups. The Jigsaw type cooperative learning is one type of cooperative learning that encourages students to be active and help each other in mastering the subject to achieve maximum achievement. This study attempts to prove empirically, significant influence among the cooperative learning models of jigsaw on students’ activity in learning on the subjects of Islamic religious education in SMKN 3 Lubuk Linggau. Students 11 things that got happened in two classes and 11a 11b who masing-masing consisting of 35 students in class that set as the total sample. The data used is primary data with data collection techniques using questionnaires.The analysis method on this study is a simple linear regression analysis and a different average test.The analytical tool used in this study is the spss program version 20. The results of this study proved that a cooperative learning model has a positive and significant effect on the activation of students in SMKN 3 Lubuk Linggau. And needs to be evaluated and considered by the school to apply a coperative learning model jigsaw type, in order to improve the education of students Keywords: Cooperative Learning Model, Jigsaw Types, Study Activation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Aug 2023 07:24
Last Modified: 28 Aug 2023 07:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29957

Actions (login required)

View Item View Item