PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING, PERSEPSI HARGA DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Pada Konsumen Alfamart di Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung)

Mazna, Marzuki (2023) PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING, PERSEPSI HARGA DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Pada Konsumen Alfamart di Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL MAZNA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Menurut data top brand index, Alfamart menjadi salah satu minimarket di Indonesia yang berada di peringkat pertama sebagai pemimpin pasar minimarket dari tahun 2018-2022. Namun dari tahun 2019-2022 terjadi penurunan pada tingkat penjualan yang dapat dilihat dari persentase top brand index minimarket, sehingga disimpulkan bahwa keputusan pembelian konsumen minimarket Alfamart mengalami penurunan yang bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti adanya pesaing. Terdapat banyak brand minimarket yang menjadi pesaing Alfamart seperti Indomaret dan minimarket lokal sejenisnya terkhususnya di Kecamatan Sukarame kota Bandar Lampung. Adanya penurunan pada tingkat penjualan tersebut menjadi dasar permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah sosial media marketing, persepsi harga dan kelengkapan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dalam perspektif bisnis syariah dengan studi pada konsumen Alfamart di Kecamatan Sukarame kota Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan Sukarame kota Bandar Lampung yang menjadi konsumen Alfamart dengan sampel penelitian berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket (kuesioner). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis dan uji koefisien determinasi (R2 ) serta metode pengolahan data menggunakan SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara sosial media marketing terhadap keputusan pembelian. Terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan antara persepsi harga terhadap keputusan pembelian. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian. Sedangkan untuk hasil penelitian dalam perspektif bisnis syariah memperoleh hasil yang baik dari setiap variabel. Hal tersebut berarti bahwa sosial media marketing, persepsi harga, kelengkapan produk dan keputusan pembelian sudah sesuai dengan ketentuan bisnis syariah. Kata Kunci : Sosial Media Marketing, Persepsi Harga, Kelengkapan Produk, Keputusan Pembelian. ABSTRACT According to top brand index data, Alfamart is one of the minimarkets in Indonesia which ranks first as the minimarket market leader from 2018-2022. However, from 2019-2022 there has been a decline in sales levels which can be seen from the percentage of minimarket top brand indexes, so it is concluded that consumer purchasing decisions for Alfamart minimarkets have decreased which can be caused by various factors such as the presence of competitors. There are many minimarket brands that are competitors to Alfamart, such as Indomaret and similar local minimarkets, especially in Sukarame District, Bandar Lampung city. The decrease in the level of sales is the basis of the problems raised in this study. Therefore this study aims to determine whether social media marketing, price perceptions and product completeness have a positive and significant effect on purchasing decisions in a sharia business perspective with studies on Alfamart consumers in Sukarame District, Bandar Lampung city. The research method used in this study is a quantitative research method. The population in this study is the people of Sukarame District, Bandar Lampung city, who are consumers of Alfamart, with a sample of 100 respondents. The sampling technique used purposive sampling technique. Data collection techniques using the questionnaire method (questionnaire). The data analysis technique used is hypothesis testing and the coefficient of determination test (R2) and the data processing method uses SmartPLS 3. The results of the study show that there is a positive and significant influence between social media marketing and purchasing decisions. There is a positive and insignificant influence between price perceptions on purchasing decisions. There is a positive and significant influence between product completeness and purchasing decisions. As for the results of research in the perspective of sharia business to obtain good results from each variable. This means that social media marketing, price perceptions, product completeness and purchasing decisions are in accordance with sharia business provisions. Keywords: Social Media Marketing, Perceived Price, Product Completeness, Purchase Decision.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:24
Last Modified: 28 Aug 2023 04:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29948

Actions (login required)

View Item View Item