PENGARUH KNOWLEDGE, FINANCIAL LITERACY TERHADAP MINAT BERINVESTASI PADA PASAR MODAL SYARIAH DENGAN TEKNOLOGI DIGITAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Pada Pengikut Akun Sosial Media Instagram @idx_lampung)

RENATA, INDAH SARI (2023) PENGARUH KNOWLEDGE, FINANCIAL LITERACY TERHADAP MINAT BERINVESTASI PADA PASAR MODAL SYARIAH DENGAN TEKNOLOGI DIGITAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Pada Pengikut Akun Sosial Media Instagram @idx_lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL RENATA INDAH SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pasar modal syariah di provinsi lampung masih sangat rendah jika dibandingkan dengan pasar modal konvensional. Pada tahun 2020 investor pasar modal syariah di provinsi lampung hanya sebanyak 770 investor. Menurut kepala kantor BEI kantor perwakilan lampung pengetahuan mengenai investasi pasar modal syariah ini masih banyak belum diketahui oleh masyarakat. Pada tahun 2019 tingkat literasi keuangan provinsi lampung sangat rendah yaitu menempati peringkat 31. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah Knowlegde dan Financial Literacy berpengaruh terhadap minat berinvestasi, apakah teknologi digital mempengaruhi hubungan Knowlegde dan Financial Literacy terhadap minat berinvestasi, dan bagaimana Knowledge, Financial Literacy, Teknologi Digital dan Minat Berinvestasi dalam persepektif ekonomi islam. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada pengaruh knowledge dan financial literacy terhadap minat berinvestasi pada pasar modal syariah dengan teknologi digital sebagai variabel moderasi pada pengikut akun instagram @idx_lampung, dan untuk mengetahui bagaimana perspektif ekonomi islam terhadap minat berinvestasi, knowledge, financial literacy, dan teknologi digital. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data primer diperoleh melalui pengisian kuesioner yang disebar penulis secara online melalui google form. Populasi dalam penelitian ini yaitu pengikut akun sosial media instagram @idx_lampung yaitu sebanyak 5.961. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin didapat sampel sebanyak 99 orang. Penelitian ini menggunakan sampel probability sampling, serta memakai SmartPLS 3 sebagai pengolah data penelitian . Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel knowledge dan financial literacy berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi. Hasil penelitian pada interaksi moderasi teknologi digital pada hubungan knowledge terhadap minat berinvestasi berpengaruh secara negatif atau memoderasi memperlemah. Hasil pengujian pada interaksi teknologi digital pada hubungan financial literacy terhadap minat berinvestasi pada pasar modal syariah berpengaruh secara positif atau memoderasi memperkuat. Pada hasil penelitian dalam perspektif ekonomi islam semua variabel memperoleh hasil rata-rata indikator yang baik. Kata kunci : knowledge, financial literacy, minat berinvestasi, teknologi digital. ABSTRACT The Islamic capital market in Lampung province is still very low when compared to the conventional capital market. In 2020 there are only 770 investors in the Islamic capital market in Lampung province. According to the head of the BEI Lampung representative office, much knowledge regarding sharia capital market investments is still unknown to the public. In 2019 the level of financial literacy in Lampung province is very low, namely ranking 31. The formulation of the problem in this research is whether Knowledge and Financial Literacy influence investment intentions, does digital technology affect the relationship between Knowlegde and Financial Literacy on investment intentions, and how Knowledge, Financial Literacy, Digital Technology and Interest in Investing in an Islamic economic perspective. This research is a quantitative research. Primary data was obtained through filling out a questionnaire which the author distributed online via the Google form. The population in this study is followers of the Instagram social media account @idx_lampung, namely 5,961. The sampling technique using the slovin formula obtained a sample of 99 people. This study uses probability sampling as a sample, and uses SmartPLS 3 as a research data processor. The results of the study show that the variables of knowledge and financial literacy have a positive and significant effect on investment intentions. The results of research on the interaction of digital technology moderation on the relationship of knowledge to investment intentions have a negative effect or weaken it. The test results on the interaction of digital technology on the relationship between financial literacy and interest in investing in the Islamic capital market have a positive or moderate effect. On the results of research in the perspective of Islamic economics all variables obtain a good average indicator results. Keywords :knowledge, financial literacy, interest in investing, digital technology.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:07
Last Modified: 25 Aug 2023 03:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29927

Actions (login required)

View Item View Item