PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ANCHORED INSTRUCTION (AI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI HUKUM NEWTON

ERNA, SULISTIYA NINGSIH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ANCHORED INSTRUCTION (AI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI HUKUM NEWTON. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Anchored Instruction terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X SMK Yayasan Pemuda Indonesia. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi experimental design) menggunakan desain Non�Equivalent Control Grup Design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 124 peserta didik kelas X SMK YPI Tanjung Bintang. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X TKJ sebagai kelas eksperimen dan X TKR 2 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara sisitem random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa test soal uraian yang berjumlah 20 butir soal, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh data yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Anchored Instruction terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah. Hal ini ditunjukkan dengan sig sebesar 0,003 yang berarti signifikansi < 0,05 sehingga diterima. Sehingga hal ini membuktikan .model pembelajaran Anchored Instruction berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi hukum newton. Kata Kunci : Model Anchored Instruction, Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah iv ABSTRACT This study aims to determine the effect of the Anchored Instruction learning model on critical thinking skills and problem solving abilities of class X students at the Indonesian Youth Foundation Vocational School. This research is a quasi-experimental design using the Non-Equivalent Control Group Design. The population in this study amounted to 124 students of class X at SMK YPI Tanjung Bintang. The sample in this study consisted of two classes, namely class X TKJ as the experimental class and X TKR 2 as the control class, which were selected using a random sampling system. The data collection instrument was in the form of a description of test questions totaling 20 items, observation and documentation. Based on the research that has been done, obtained data indicating that there is an influence of the Anchored Instruction learning model on critical thinking skills and problem solving abilities. This is indicated by a sig of 0.003 which means a significance <0.05 so that H_1 is accepted. So this proves that the Anchored Instruction learning model influences critical thinking skills and problem solving abilities of students in Newton's law material. Keywords: Anchored Instruction Model, Critical Thinking Ability and Problem Solving Ability

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Aug 2023 07:13
Last Modified: 24 Aug 2023 07:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29921

Actions (login required)

View Item View Item