PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE WORDWALL TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMAN 1 BANJAR MARGO TULANG BAWANG

Selvina, Rostika Ran (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE WORDWALL TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMAN 1 BANJAR MARGO TULANG BAWANG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SELVINA ROSTIKA RANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE WORDWALL TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMAN 1 BANJAR MARGO TULANG BAWANG Oleh: Selvina Rostika Rani Pendidikan agama Islam merupakan salah satu mata pelajaran yang ada di sekolah atau bisa disebut sebagai salah satu program pendidikan yang menanamkan nilai-nilai Islam melalui proses pembelajaran. Tapi pada kenyataannya, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Banjar Margo cenderung membosankan dan kurang mendapat respon positif dari peserta didik. Hal tersebut disebabkan karena pendidik kurang kreatif dalam pemanfaatan media pembelajaran dengan hanya menggunakan media konvensional saja. Seorang pendidik memerlukan media atau alat bantu dalam menyampaikan pesan kepada para peserta didik guna memicu semangat peseta didik, supaya kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif dan efisien, serta sebagai bentuk pemanfaatan teknologi dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu upaya pendidik dalam meningkatkan minat belajar adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam meningkatkan minat belajar peserta didik yakni dengan menggunakan media berbasis website wordwall. Media wordwall merupakan salah satu media berbasis website yang mampu meningkatkan minat belajar peserta didik karena di dalamnya terdapat banyak template game yang dapat digunakan dalam melakukan evaluasi pembelajaran sehingga peserta didik dapat menambah pengalaman belajar baru dalam proses pembelajaran. Adapun pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan true eksperimen dengan rancangaan bentuk design pretest-postest control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Banjar Margo yang mengikuti mata pelajaran pendidikan agama Islam. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster sampling. Dengan menggunakan teknik sampling tersebut, kemudian memperoleh kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan menerapkan pembelajaran dengan media konvensional dan XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen.yang menerapkan media berbasis website wordwall sebagai bentuk perlakuan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t-test untuk menjawab hipotesis. Namun sebelum melakukan uji hipotesis, data di uji terlebih dahulu dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji homogenitas dilakukan dengan menggunakan uji kolmogorov smirnov, bertujuan untuk mengetahui data berdistribusi normal atau tidak. Kemudian uji homogenitas menggunakan uji levene statistic untuk mengetahui data bersifat homogen atau tidak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap minat belajar peserta didik dengan menerapkan media pembelajaran berbasis website wordwall. Pengujian hipotesis memperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < dari taraf signifikansi 0,005 (5%) maka ditolak dan diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis website wordwall terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas XI di SMAN 1 Banjar Margo Tulang Bawang. Kata Kunci: Media, Wordwall, Minat Belajar iv ABSTRACT THE INFLUENCE OF WORDWALL WEBSITE-BASED LEARNING MEDIA ON STUDENTS' INTEREST IN LEARNING IN THE SUBJECT OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION CLASS XI ISLAMIC RELIGION AT SMAN 1 BANJAR MARGO TULANG BAWANG By: Selvina Rostika Rani Islamic religious education is one of the subjects in school or can be referred to as one of the educational programs that instill Islamic values through the learning process. But in reality, the subject of Islamic Religious Education at SMAN 1 Banjar Margo tends to be boring and does not get a positive response from students. This is because educators are less creative in utilizing learning media by only using conventional media. An educator needs media or tools in delivering messages to students in order to trigger the enthusiasm of students, so that teaching and learning activities can run effectively and efficiently, as well as a form of utilization of technology in learning activities. One of the efforts of educators in increasing interest in learning is to use the right learning media in the learning process. One of the learning media that can be used in increasing students' interest in learning is by using wordwall website-based media. Wordwall media is one of the website-based media that can increase students' interest in learning because in it there are many game templates that can be used in conducting learning evaluations so that students can add new learning experiences in the learning process. The approach of this research is a quantitative approach. This type of research uses true experiment with pretest-postest control group design. The population in this study were all students of class XI of SMAN 1 Banjar Margo who took Islamic religious education subjects. The research sample was taken using cluster sampling technique. By using the sampling technique, then obtained the XI IPS 2 class as a control class by applying learning with conventional media and XI MIPA 3 as an experimental class. which applies wordwall website-based media as a form of treatment. This study used data collection techniques in the form of interviews, questionnaires and documentation. Data analysis techniques in this study used t-test to answer the hypothesis. But before testing the hypothesis, the data was tested first with normality test and homogeneity test. The homogeneity test is carried out using the Kolmogorov Smirnov test, which aims to determine whether the data is normally distributed or not. Then the homogeneity test uses the levene statistic test to determine whether the data is homogeneous or not. The results of this study indicate that there is an influence on students' interest in learning by applying wordwall website-based learning media. Hypothesis testing obtained a sig value. (2-tailed) of 0.00 < from the significance level of 0.005 (5%) then is rejected and is accepted. This shows that there is an effect of wordwall website-based learning media on students' interest in learning Islamic education subjects in class XI at SMAN 1 Banjar Margo Tulang Bawang. Keywords: Wordwall, Media, Interest in Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:42
Last Modified: 18 Aug 2023 03:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29799

Actions (login required)

View Item View Item