PENGARUH AKSES PERMODALAN, FINANCIAL LITERACY, KREATIVITAS DAN DIGITAL ARKETING TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA PADA UMKM DI DESA MERAK BATIN KECAMATAN NATAR TAHUN 2023

Putri, Aniversari (2023) PENGARUH AKSES PERMODALAN, FINANCIAL LITERACY, KREATIVITAS DAN DIGITAL ARKETING TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA PADA UMKM DI DESA MERAK BATIN KECAMATAN NATAR TAHUN 2023. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Dibalik perkembangan UMKM yang terus meningkat, terjadi kendala yang selalu ditemui para pelaku usaha UMKM di Indonesia antara lain permasalahan atau kendala sumber daya, pembiayaan, pengetahuan pengelolaan keuangan, teknologi dan permasalahan lain yang menghambat perkembangan pelaku usaha UMKM. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah Akses Permodalan, Financial Literacy, Kreativitas dan Digital Marketing berpengaruh terhadap Pengembangan Usaha pada UMKM di Desa Merak Batin Kecamatan Natar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Akses Permodalan, Financial Literacy, Kreativitas dan Digital Marketing terhadap Pengembangan Usaha pada UMKM di Desa Merak Batin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner.. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pelaku UMKM Desa Merak Batin dan sampel yang diambil sebanyak 67 responden dengan menggunakan teknik pengambilan data Probability Sampling yaitu simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan PLS-SEM dengan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Akses Permodalan dan Kreativitas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pengembangan Usaha pada UMKM di Desa Merak Batin. Variabel Financial Literacy berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Pengembangan Usaha pada UMKM di Desa Merak Batin. Sedangkan variabel Digital Marketing tidak berpengaruh terhadap Pengembangan Usaha pada UMKM di Desa Merak Batin. Kemudian Akses Permodalan, Financial Literacy, Kreativitas, dan Digital Marketing secara bersama-sama berpengaruh terhadap Pengembangan Usaha pada UMKM di Desa Merak Batin Kecamatan Natar. Dalam perspektif ekonomi Islam mengenai Pengembangan Usaha harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Dalam Islam telah dilarang keras kepada kita umat muslim untuk melakukan aktifitas ekonomi yang mengandung unsur-unsur yang di haramkan seperti riba, maysir, gharar dan sebagainya. Kata Kunci : Akses Permodalan, Digital Marketing, Financial Literacy, Kreativitas, Pengembangan Usaha, UMKM. ABSTRACT Behind the increasing development of MSMEs, there are obstacles that are always encountered by MSME business actors in Indonesia, including problems or constraints on resources, financing, knowledge of financial management, technology and other problems that hinder the development of MSME business actors. The formulation of the problem in this study is whether Access to Capital, Financial Literacy, Creativity and Digital Marketing affect Business Development in MSMEs in Merak Batin Village, Natar District. This study aims to determine the effect of Access to Capital, Financial Literacy, Creativity and Digital Marketing on Business Development in MSMEs in Merak Batin Village. The research method used was a quantitative method with data collection techniques using a questionnaire. The population in this study were all MSME actors in Merak Batin Village and 67 respondents were taken as a sample using the probability sampling technique, namely simple random sampling. Data analysis technique using PLS-SEM with SmartPLS 3.0 software. The results showed that the variables Access to Capital and Creativity partially had a positive and significant effect on Business Development for MSMEs in Merak Batin Village. The Financial Literacy variable has a positive but not significant effect on Business Development for MSMEs in Merak Batin Village. Meanwhile, the Digital Marketing variable has no effect on Business Development for MSMEs in Merak Batin Village. Then Access to Capital, Financial Literacy, Creativity, and Digital Marketing jointly influence Business Development for MSMEs in Merak Batin Village, Natar District. In the perspective of Islamic economics regarding Business Development must be carried out seriously. In Islam it has been strictly forbidden for us Muslims to carry out economic activities that contain elements that are forbidden such as usury, maysir, gharar and so on. Keywords: Access to Capital, Digital Marketing, Financial Literacy, Creativity, Business Development, MSMEs..

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:38
Last Modified: 16 Aug 2023 07:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29770

Actions (login required)

View Item View Item