PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK

SETIA, ARI RIYANDI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi SETIA ARI RIYANDI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Menggunakan Video Pembelajaran Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik (Penelitian Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI MIA MA Hidayatul Mubtadiin Jati Agung) Pembelajaran Fisika di dalam kurikulum 2017 yang direvisi diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, inisiatif, dan adaptif terhadap perubahan dan perkembangan. Kemampuan berpikir tingkat tinggi mencakup berpikir kritis dan berpikir kreatif. Model CAM menekankan siswa pada proses berpikir sehingga dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan proses pembelajaran, menganalisis kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, menganalisis pengaruh model CAM terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, dan menganalisis respon siswa terhadap model CAM. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design yang terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian dilaksanakan di kelas XI MA Hidayatul Mubtadiin. Sampel dua kelas yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis yaitu pretest dan posttest, lembar observasi, dan angket. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model CAM memiliki nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 95% dan aktivitas siswa sebesar 87%, keduanya memiliki interpretasi sangat baik. Keterampilan Proses Sains siswa dengan model CAM memiliki nilai rata-rata 70,03 dengan kategori cukup dan nilai rata-rata N-Gain 0,44 dengan kategori sedang. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa tanpa model CAM memiliki nilai rata�rata 59,75 dengan kategori rendah dan nilai rata-rata N-Gain 0,30 dengan kategori sedang. Hasil tes akhir menunjukkan t hitung = 4,18 ≥ t tabel = 2,00, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model CAM pada materi ekosistem memiliki nilai rata-rata sebesar 3,54 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model CAM terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi ekosistem. Kata Kunci:Model Pembelajaran Concept Attainment, Keterampilan Proses Sains, Materi Pemuaian iii ABSTRACT The Effect of Concept Attainment Learning Models Using Learning Videos on Students' Science Process Skills (Quasi�Experimental Research on Students of Class XI MIA MA Hidayatul Mubtadiin Jati Agung) Learning Physics in the revised 2017 curriculum is expected to be able to improve the ability to think logically, critically, creatively, take initiative, and be adaptive to changes and developments. Higher-order thinking skills include critical thinking and creative thinking. The CAM model emphasizes students' thinking processes so that they can improve students' science process skills. This study aims to describe the implementation of the learning process, analyze students' higher-order thinking skills, analyze the effect of the CAM model on students' higher-order thinking skills, and analyze students' responses to the CAM model. The research method used was Quasi Experimental with a Nonequivalent Control Group Design which consisted of two groups, namely the experimental group and the control group. The research was conducted in class XI MA Hidayatul Mubtadiin. Two class samples, namely class XI MIA 1 as the experimental class and XI MIA 2 as the control class. Data collection techniques used written tests, namely pretest and posttest, observation sheets, and questionnaires. Research data analysis includes normality test, homogeneity test, and t test. The results showed that the implementation of the CAM model had an average score of 95% for teacher activity and 87% for student activity, both of which had very good interpretations. Students' Science Process Skills with the CAM model have an average value of 70.03 in the sufficient category and an average N-Gain score of 0.44 in the moderate category. Students' high-order thinking skills without the CAM model have an average value of 59.75 in the low category and an average N�Gain score of 0.30 in the medium category. The final test results show t count = 4.18 ≥ t table = 2.00, so H0 is rejected and Ha is accepted. Student responses to learning using the CAM model on ecosystem material have an average value of 3.54 in the high category. Based on the results of the study it can be concluded that there is an influence of the CAM model on students' high-level thinking skills in ecosystem material. Keywords: Concept Attainment Learning Model, Skills Process Science, Material Expansion

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Aug 2023 07:14
Last Modified: 15 Aug 2023 07:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29716

Actions (login required)

View Item View Item