PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARDUINO UNO TERINTEGRASI DENGAN PENDEKATAN STEAM PADA MATERI MOMEN INERSIA

M AFIF, HABIBILLAH (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARDUINO UNO TERINTEGRASI DENGAN PENDEKATAN STEAM PADA MATERI MOMEN INERSIA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of AFIF FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Telah dilakukan penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis Arduino Uno terintegrasi dengan pendekatan STEAM pada materi momen inersia yang bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis Arduino Uno, mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Arduino Uno dan mengetahui respon kemenarikan pendidik (dosen) serta peserta didik (mahasiswa) terhadap media pembelajaran berbasis Arduino Uno yang dikembangkan. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan mengadopsi model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: analysis, design, development, implementation, and evaluation. Instrumen yang digunakan yaitu berupa lembar angket analisis kebutuhan, lembar validasi, angket respon pendidik (dosen) dan peserta didik (mahasiswa) serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis Arduino Uno dengan pendekatan STEAM pada materi momen inersia penilaian dari ahli materi dan ahli media memperoleh kategori layak dengan persentase validasi ahli materi sebesar , dan ahli media sebesar . Sedangkan respon dari pendidik dan peserta didik memberikan respon positif terhadao kelayakan dan kemenarikan dari media pembelajaran berbasis Arduino Uno dengan pendekatan STEAM dengan respon pendidik sebesar , dan uji coba lapangan memperoleh nilai sebesar sehingga berdasarkan data tersebut media pembelajaran berbasis Arduino Uno dengan pendekatan STEAM pada materi momen inersia layak dan sangat menarik untuk digunakan dalam proses perkuliahan. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Arduino Uno, STEAM, Momen Inersia iv ABSTRACT Research on the development of Arduino Uno-based learning media integrated with the STEAM approach on moment of inertia material aims to determine the development of Arduino Uno-based learning media, determine the feasibility of Arduino Uno-based learning media, and find out the attractive response of educators (lecturers) and students (students) to Arduino Uno-based learning media developed. In this study, Research and Development (R&D) was used by adopting the ADDIE model, which consisted of five stages: analysis, design, development, implementation, and evaluation. The instruments used are in the form of needs analysis questionnaire sheets, validation sheets, educator (lecturer) and student (student) response questionnaires, and documentation. Based on the research results, it was found that the development of Arduino Uno-based learning media with the STEAM approach on the material moment of inertia of the assessment of material experts and media experts obtained a decent category with a validation percentage of material experts of and media experts of . While the responses from educators and students gave a positive response to the feasibility and attractiveness of the Arduino Uno�based learning media with the STEAM approach, with the educator's response of , and field trials obtained a value of , based on these data, the Arduino Uno-based learning media with the STEAM approach to the moment of inertia material is feasible and very interesting to use in the lecture process. Keywords: Learning Media, Arduino Uno, STEAM, Moment of Inertia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Aug 2023 07:00
Last Modified: 15 Aug 2023 07:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29712

Actions (login required)

View Item View Item