PENGARUH ATMOSFIR TOKO, FAKTOR SOSIAL DAN EMOTIONAL RESPONSE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Konsumen Toko Alat Tulis Push Pin Bandar Lampung)

IGA, SEPTIANI (2023) PENGARUH ATMOSFIR TOKO, FAKTOR SOSIAL DAN EMOTIONAL RESPONSE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Konsumen Toko Alat Tulis Push Pin Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Saat ini perkembangan ritel di Indonesia mulai mengalami penurunan. Para pelaku bisnis ritel, sebaiknya mampu mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi di dalam pasar dan dengan tanggap mengadaptasinya pada bisnis mereka, sehingga selalu sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah atmosfir toko berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada konsumen toko alat tulis push pin di Bandar Lampung? Apakah faktor sosial berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada konsumen toko alat tulis push pin di Bandar Lampung? Apakah emotional response berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada konsumen toko alat tulis push pin di Bandar Lampung? Apakah atmosfir toko, faktor sosial dan emotional response berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada konsumen toko alat tulis push pin di Bandar Lampung ? dan bagaiamana keputusan pembelian, atmosfer toko, faktor sosial dan emotional response pada konsumen toko alat tulis push pin di Bandar Lampung dalam perspektif ekonomi islam?. Sehingga tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh atmosfir toko terhadap keputusan pembelian pada konsumen toko alat tulis push pin di Bandar Lampung, untuk menguji pengaruh faktor sosial terhadap keputusan pembelian pada konsumen toko alat tulis push pin di Bandar Lampung, untuk menguji pengaruh emotional response terhadap keputusan pembelian pada konsumen toko alat tulis push pin di Bandar Lampung, untuk mengetahui pengaruh atmosfir toko, faktor sosial dan emotional response terhadap keputusan pembelian pada konsumen toko alat tulis push pin di Bandar Lampung, untuk mengetahui Bagaimana keputusan pembelian, atmosfer toko, faktor sosial dan emotional response pada konsumen toko alat tulis push pin di Bandar Lampung dalam perspektif ekonomi islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Toko ATK push Pin Bandar Lampung yang ada di kota Bandar Lampung dengan jumlah sampel 95 responden dan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada konsumen Toko ATK push Pin Bandar Lampung. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana dengan bantuan pengolahan data menggunakan SPSS IMB Versi.21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atmosfir toko berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada konsumen toko alat tulis push pin di Bandar Lampung, faktor social berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada konsumen toko alat tulis push pin di Bandar Lampung, emotional response berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada konsumen toko alat tulis push pin di Bandar Lampung, atmosfir toko, faktor sosial dan emotional response berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada konsumen toko alat tulis push pin di Bandar Lampung dalam perspektif ekonomi islam, dalam pandangan islam keputusan pembelian berkaitan dengan kepakatan antara penjual dan pembeli, kemudaian atmosfer islam dalam perspektif islam berhubungan dengan kenyamanan dan ketentaraman, selanjutnya faktor social dalam perspektif islam berhubungan dengan kejujuran yang diciptakan toko terhadap pelanggan, dan emotional response dalam pandangan islam berhubungan dengan emosi yang timbul ketika pelayanan yang dirasakan. Kata kunci: Keputusan Pembelian, Atmosfer Toko, Faktor Sosial, dan Emotional Response. ABSTRACT Currently retail developments in Indonesia are starting to experience a decline. Retailers must be able to anticipate changes that occur in the market and adapt them responsively to their business, so that they always meet the needs of the community. The formulation of the problem in this study is whether the store atmosphere influences purchasing decisions for consumers of push pin stationery shops in Bandar Lampung? Do social factors influence purchasing decisions among push pin stationery shop consumers in Bandar Lampung? Does the emotional response affect the purchase decision of consumers at push pin stationery shops in Bandar Lampung? Do the store atmosphere, social factors and emotional response affect the purchase decision of consumers at push pin stationery shops in Bandar Lampung? and how are purchasing decisions, store atmosphere, social factors and emotional responses to consumers of push pin stationery shops in Bandar Lampung in an Islamic economic perspective?. So the purpose of this study was to examine the influence of the store atmosphere on purchasing decisions for consumers of push pin stationery shops in Bandar Lampung, to examine the influence of social factors on purchasing decisions for consumers of push pin stationery stores in Bandar Lampung, to test the effect of emotional responses on purchasing decisions. to consumers of push pin stationery shops in Bandar Lampung, to find out the effect of the shop atmosphere, social factors and emotional response to purchasing decisions on consumers of push pin stationery shops in Bandar Lampung, to find out how purchase decisions, store atmosphere, social factors and emotional response on consumers of push pin stationery shops in Bandar Lampung in an Islamic economic perspective? This type of research is descriptive associative research with a quantitative approach. The population in this study were consumers of Bandar Lampung ATK Push Pin Stores in the city of Bandar Lampung with a total sample of 95 respondents and the sampling technique used random sampling. Data collection was carried out by distributing questionnaires to consumers of the Bandar Lampung ATK Push Pin Shop. The data obtained were analyzed using simple regression analysis with the help of data processing using SPSS IMB Version.21. The results of the study show that the store atmosphere influences purchase decisions for push pin stationery shop consumers in Bandar Lampung, social factors influence purchase decisions for push pin stationery store consumers in Bandar Lampung, emotional response influences purchase decisions for push pin stationery store consumers. pins in Bandar Lampung, shop atmosphere, social factors and emotional response influence purchasing decisions on consumers of push pin stationery stores in Bandar Lampung in an Islamic economic perspective, in an Islamic view purchasing decisions are related to agreements between sellers and buyers, then Islamic atmosphere in perspective Islam is related to comfort and peace, then social factors in an Islamic perspective are related to the honesty that the shop creates towards customers, and emotional response in an Islamic view is related to the emotions that arise when the service is felt. Keywords: Purchase Decision, Store Atmosphere, Social Factors, and Emotional Response.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Aug 2023 06:39
Last Modified: 15 Aug 2023 06:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29707

Actions (login required)

View Item View Item