PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN TOURIST SATISFACTION TERHADAP REVISIT INTENTION TOURISM DENGAN PERSEPSI ACCESSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DALAM PERPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Pengunjung Destinasi Wisata Lengkung Langit di Bandar Lampung)

SELVI, OKTIANINGRUM (2023) PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN TOURIST SATISFACTION TERHADAP REVISIT INTENTION TOURISM DENGAN PERSEPSI ACCESSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DALAM PERPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Pengunjung Destinasi Wisata Lengkung Langit di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI SELVI OKTIANINGRUM.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh experiential marketing dan tourist satisfaction terhadap revisit intention tourism pada pengunjung destinasi lengkung langit dan untuk mengetahui pengaruh mediasi aksesibilitas antara experiential marketing dan tourist satisfaction terhadap revisit intention tourism dalam perspektif bisnis syariah (studi pengunjung destinasi wisata lengkung langit di Bandar Lampung). Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini karena berdasarkan tidak stabilnya jumlah pengunjung yang berdatangan ke Lengkung Langit. Diketahui bahwa Lengkung Langit telah memiliki pelayanan dan metode pemasaran yang baik serta akses yang memadai dan dekat dengan pusat keramaian. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dengan melakukan observasi, penyebaran angket dan kuesiner serta pengambilan dokumentasi. Sampel sebanyak 98 orang dengan menggunakan rumus slovin, diambil dengan cara probability sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis skala likert dengan metode analisis SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh negatif signifikan pada Experiential Marketing terhadap Revisit Intention Tourism. Adapun hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan pada Tourist Satisfaction terhadap Revisit Intention. Hasil interaksi mediasi Accessibility pada hubungan Experiential Marketing terhadap Revisit Intention Tourism menunjukkan aksesibilitas tidak mepengaruhi hubungan experiential marketing terhadap revisit intention tourism. Sedangkan mediasi Accessibility pada hubungan tourist satisfaction terhadap revisit intention menunjukkan aksesibilitas memperkuat hubungan tourist satisfaction terhadap revisit intention. Dapat disimpulkan bahwa orang akan merasakan kepuasakan jika akses destinasi memadai dan akan meningkatkan pengunjung untuk datang kembali. Kata Kunci: Experiential Marketing, Tourist Satisfaction, Revisit Intention, Accessibility. ABSTRACT This thesis aims to find out about the effect of experiential marketing and tourist satisfaction on revisit intention tourism in visitors to arched sky destinations and to find out the mediating effect of accessibility between experiential marketing and tourist satisfaction on revisit intention tourism in a sharia business perspective (visitor study of arched sky tourism destinations in Bandar Lampung). The background of this research is based on the unstable number of visitors coming to the Sky Arch. It is known that Lengkung Langit has good service and marketing methods as well as adequate access and is close to the center of the crowd. This study uses a quantitative approach method. The data used is primary data by observing, distributing questionnaires and taking documentation. A sample of 98 people using the slovin formula, was taken by means of probability sampling. The data analysis used is Likert scale analysis with the SmartPLS analysis method. The results of the study indicate that there is a significant negative effect on Experiential Marketing on Revisit Intention Tourism. The results of the study indicate that there is a significant positive effect on Tourist Satisfaction on Revisit Intention. The results of the accessibility mediation interaction on the relationship between Experiential Marketing and Revisit Intention Tourism shows that accessibility does not affect the relationship between experiential marketing and revisit intention tourism. Meanwhile, mediation of accessibility in the relationship between tourist satisfaction and revisit intention shows that accessibility strengthens the relationship between tourist satisfaction and revisit intention. It can be concluded that people will feel satisfied if destination access is adequate and will increase revisit intention tousrism. Keywords: Experiential Marketing, Tourist Satisfaction, Revisit Intention Tourism, Accessibility.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Aug 2023 07:45
Last Modified: 14 Aug 2023 07:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29669

Actions (login required)

View Item View Item