EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN FOCUS EXSPLORE REFLECT APPLY (FERA) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN SATU ATAP 1 REBANG TANGKAS WAY KANAN

REKA, PARIYANTI (2023) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN FOCUS EXSPLORE REFLECT APPLY (FERA) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN SATU ATAP 1 REBANG TANGKAS WAY KANAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL  REKA PARIYANTI .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Peserta didik kurang menyukai mata pelajaran pendidikan agama islam karena dianggap sangat membosankan dan cukup rumit. Sehingga menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik, salah satu penyebab rendahnya kemampuan berpikir kristis peserta didik yaitu implementasi pembelajaran didalam kelas yang belum efektif. Sehingga konsekuensinya peseta didik mengalami kesulitan untuk berpikir kritis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini quasy eksperimen dengan menggunakan desain pre�tes dan post-test menggunakan kelompok kontrol. Populasi pada penelitian ini dalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Rebang tangkas Way Kanan, untuk sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIII A (kelas eksperimen) dan kelas VIII B (kelas kontrol) dengan tehnik pengambilan sampel secara acak. Uji prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa terdapat efektifitas model pembelajaran focus exsplore reflect apply dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas VIII di SMPN Satu Atap 1 Rebang Tangkas Way Kanan. Kata Kunci: model pembelajaran Focus Exsplore Reflect Apply dan kemampuan berpikir kritis iii ABSTRACT Students do not like Islamic religious education subjects because they are considered very boring and quite complicated. Thus causing the low critical thinking skills of students, one of the causes of the low ability of students to think critically is the implementation of learning in the classroom that has not been effective. So the consequence is that students have difficulty thinking critically. The method used in this study was a quasy experiment using a pre-test and post-test design using a control group. The population in this study were all students of class VIII SMPN Satu Atap 1 Rebang Tangkas Way Kanan, for the samples used were 2 classes, namely class VIII A (experimental class) and class VIII B (control class) with a random sampling technique. The prerequisite test used in this study is the normality test and homogeneity test. Based on the results of the research and discussion, it can be concluded that there is an effectiveness of the focus explore reflect apply learning model in improving critical thinking skills in Islamic Religious Education subjects in class VIII at SMPN Satu Atap 1 Rebang Tangkas Way Kanan. Keywords: Focus Explore Reflect Apply learning model and critical thinking skills

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Aug 2023 04:27
Last Modified: 14 Aug 2023 04:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29649

Actions (login required)

View Item View Item