ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada UD. Sekar Mukti Desa Margasari, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur)

Sri, Widyasari (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada UD. Sekar Mukti Desa Margasari, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pada saat ini, bisnis semakin berkembang pesat diiringi dengan persaingan bisnis yang semakin ketat. Guna meningkatkan penjualan ada beberapa strategi yang digunakan perusahan atau pengusaha dagang dalam proses pemasaran produknya. UD Sekar Mukti sebagai pengusaha dagang juga memiliki strategi masing�masing dalam upaya meningkatkan penjualan produknya. Oleh karena itu, tentunya muncul berbagai masalah dalam menjalankan strategi tersebut. Kurang maksimalnya pemasaran melalui promosi menjadi masalah dalam penelitian ini. Meskipun telah memanfaatkan media sosial sebagai media pemasaran, namun penjualan belum tersebar luas kepada masyakat sehingga penjualan pun tidak mengalami kenaikan yang signifikan. Sehingga tujuannya penelitian ini yaitu untuk menganalisis strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan dan untuk menganalisis strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan ditinjau dari perspektif islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian yang digunakan adalah wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah periklanan dengan menggunakan media sosial Facebook dan Whatsapp yaitu promosi penjualan dengan menggunakan diskon atau penurunan harga,premi atau hadiah, pameran dagang, kupon atau voucer, dan garansi produk. Publisitas dengan bergabung di setiap warung-warung sehingga menimbulkan promosi silang antara sesama usaha bisnis. Kegiatan promosi yang dilakukan oleh UD Sekar Mukti juga telah sesuai dengan bisnis Islam yaitu sesuai dengan yang Rasulullah ajarkan, sehingga konsumen tidak perlu takut tertipu bertransaksi dengan UD Sekar Mukti. selain itu pelaksanaan penjualan UD Sekar Mukti telah sesuai dengan konsep bisnis Islam seperti jujur dan menghindari promosi yang palsu, tidak menyembunyikan kecacatan barang dan menepati janji konsep ini dengan berbekal prinsip Rasulullah yaitu Shiddiq, Amanah, Fathanah dan tabliqh dalam konsep penerapan bisnisnya. Kata Kunci: Strategi, Media Sosial, Volume Penjualan, Bisnis Islam. ABSTRACT At this time, business is growing rapidly accompanied by increasingly fierce business competition. In order to increase sales, there are several strategies used by trading companies or entrepreneurs in the process of marketing their products. UD Sekar Mukti as trading entrepreneurs also have their own strategies in an effort to increase sales of their products. Therefore, of course, various problems arise in carrying out this strategy. The lack of optimal marketing through promotion is a problem in this research. Even though social media has been used as a marketing medium, sales have not spread widely to the public so that sales have not increased significantly. So the purpose of this study is to analyze marketing strategies in increasing sales volume and to analyze marketing strategies in increasing sales volume from an Islamic perspective. This research is a field research with a qualitative descriptive approach, the data used are primary data and secondary data. With data collection techniques in the form of interviews, observation, and documentation. The research informants used were interviews.. The results of this study are advertising using Facebook and WhatsApp social media, namely sales promotions using discounts or price reductions, premiums or prizes, trade shows, coupons or vouchers, and product guarantees. Publicity by joining in every stall, giving rise to cross-promotion between fellow businesses. Promotional activities carried out by UD Sekar Mukti are also in accordance with Islamic business, namely in accordance with what Rasulullah taught, so that consumers do not need to be afraid of being deceived in transactions with UD Sekar Mukti. In addition, the implementation of UD Sekar Mukti's sales is in accordance with Islamic business concepts such as being honest and avoiding false promotions, not hiding defective goods and keeping the promise of this concept armed with the principles of Rasulullah, namely Shiddiq, Amanah, Fathanah and tabliqh in the concept of business implementation. Keywords: Strategy, Social Media, Sales Volume, Islamic Business.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Aug 2023 04:02
Last Modified: 14 Aug 2023 04:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29643

Actions (login required)

View Item View Item