PENGARUH KEMAMPUAN TAHFIDZ AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTS YASMIDA PRINGSEWU

INDRI, DESTI ANGGRAINI (2023) PENGARUH KEMAMPUAN TAHFIDZ AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTS YASMIDA PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL INDRI DESTI ANGGRAINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH KEMAMPUAN TAHFIDZ AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTS YASMIDA PRINGSEWU Oleh : Indri Desti Anggraini Berdasarkan hasil penelitian di MTS Yasmida Pringsewu, menunjukan bahwa usaha-usaha untuk menghafal Al-Qur‟an khususnya juz 30 oleh peserta didik terus berlanjut, hal ini merupakan salah satu upaya untuk menjaga dan memlihara kemurnian Al-Qur‟an. Dengan demikian berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan penulis di MTS Yasmida Pringsewu terhadap guru dan keputusan Kepala Madrasah untuk melaksanakan program tahfidz Al-Qur‟an guna meningkatkan pemahaman peserta didik dan penghafalan Al-Qur‟an. Penerapan program tahfidz Al-Qur‟an tersebut adalah hafalan juz 30 dan surat pilihan, yaitu surat Yaasin, Al-Mulk dan Al-Waqiah. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalahnya adalah “Adakah pengaruh kemampuan tahfidz Al-Qur‟an terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits di MTS Yasmida Pringsewu”. Dengan demikian penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjawab rumusan masalah tersebut. Penelitian ini berjenis kuantitatif, rancangan penelitian ini menggunakan desain korelasi. Penelitian ini dilaksanakan di MTS Yasmida Pringsewu, pada 1 April sampai 15 Mei 2023. Sampel penelitian sebanyak 65 peserta didik kelas VIII yang ditentukan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen terdiri dari tes dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan tahfidz Al-Qur‟an. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis uji korelasi product momen, uji t dengan regresi sederhana dan koefisien korelasi. Berdasarkan hasil uji SPSS, perhitungan nilai korelasi antara kemampuan tahfidz Al-Qur‟an (x) terhadap hasil belajar (y), diperoleh nilai signifikansi 0,030 yang mana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Dasar pengambilan keputusan uji korelasi product momen ialah jika nilai signifikansi > dari 0,05, artinya Ho ditolak. Dan jika nilai signifikansi < dari 0,05, artinya Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat korelasi antara kemampuan tahfidz Al-Qur‟an terhadap hasil belajar. Bentuk korelasi dua variabel tersebut adalah positif dengan nilai “pearson correlation” sebesar 0,269 yang mana nilai tersebut berada diantara 0,20-0,399 yang menunjukan bahwa indikator hubungan rendah. Selanjutnya dari hasil perhitungan uji t dengan regresi sederhana diketahui bahwa nilai signifikansi untuk pengaruh (parsial) antara kemampuan tahfidz Al-Qur‟an (x) terhadap hasil belajar (y), adalah sebesar 0,030 yang mana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Dasar pengambilan keputusan uji t adalah, jika nilai signifikansi > dari 0,05 maka tidak ada pengaruh antara variabel x terhadap variabel y atau Ho ditolak. Dan jika nilai sig < dari 0,05 maka ada pengaruh antara variabel x terhadap variabel y atau Ha diterima. Karena nilai sig 0,030 < 0,05 maka terdapat pengaruh antara variabel x tehadap variabel y atau Ha diterima. Berdasarkan perhitungan SPSSsederhana diketahui nilai t hitung sebesar 2,218. Karena nilai t hitung 2,218 > t tabel 1,99834, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara kemampuan tahfidz Al-Qur‟an (x) tehadap hasil belajar (y) atau Ha diterima. Berdasarkan perhitungan SPSS, diketahui bahwa nilai R square sebesar 0,072 hal ini mengandung arti bahwa pengaruh kemampuan tahfidz Al-Qur‟an (x) tehadap hasil belajar (y) adalah sebesar 7,2 % dengan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini. Kata kunci : Kemampuan Tahfidz Al-Qur’an, Hasil Belajar iii ABSTRACT THE INFLUENCE OF TAHFIDZ AL-QUR'AN ABILITY TO LEARNING OUTCOMES OF CLASS VIII STUDENTS IN THE SUBJECT OF AL-QUR'AN HADITH AT MTS YASMIDA PRINGSEWU By: Indri Desti Anggraini Based on the results of research at MTS Yasmida Pringsewu, it shows that efforts to memorize the Qur'an, especially juz 30 by students, continue, this is one of the efforts to maintain and maintain the purity of the Qur'an. Thus, based on a preliminary study conducted by the author at MTS Yasmida Pringsewu on teachers and the decision of the Head of Madrasah to implement the Qur'an tahfidz program to improve students' understanding and memorization of the Qur'an. The application of the Qur'anic tahfidz program is the memorization of juz 30 and selected letters, namely Surat Yaasin, Al�Mulk and Al-Waqiah. Based on this background, the formulation of the problem is "Is there an influence on the ability of Qur'anic tahfidz on the learning outcomes of grade VIII students in the subject of Qur'an Hadith at MTS Yasmida Pringsewu". Thus this research was conducted with the aim of answering the formulation of the problem. This research is quantitative type, this research design uses a correlation design. This research will be conducted at MTS Yasmida Pringsewu, from April 1 to May 15, 2023. The research sample was 65 grade VIII students who were determined using a simple random sampling technique. The instrument consists of tests and documentation. The test is used to measure the tahfidz ability of the Qur'an. Documentation is used to determine the learning outcomes of students. Data analysis techniques use product moment correlation test analysis techniques, t tests with simple regression and correlation coefficients. Based on the results of the SPSS test, the calculation of the correlation value between the ability of Qur'anic tahfidz (x) to learning outcomes (y), obtained a significance value of 0.030 which value is smaller than 0.05. The basis for making a product moment correlation test decision is if the significance value > 0.05, meaning Ho is rejected. And if the significance value < from 0.05, it means that Ha is accepted. This shows that there is a correlation between the ability of Qur'anic tahfidz and learning outcomes. The form of correlation between the two variables is positive with a "pearson correlation" value of 0.269 which value is between 0.20-0.399 which indicates that the relationship indicator is low. Furthermore, from the results of SPSS calculations it is known that the significance value for the (partial) influence between the ability of Qur'anic tahfidz (x) on learning outcomes (y), is 0.0.30 which value is smaller than 0.05. The basis for t-test decision making is, if the significance value > of 0.05 then no influence between variable x and variable y or Ho is rejected. And if the sig value < of 0.05 then there is an influence between variable x on variable y or Ha is accepted. Because the sig value is 0.030 < 0.05, there is an influence between variable x and variable Y or Ha is accepted. Based on SPSS calculations, it is known that the calculated t value is 2.218. Since the value of t is calculated 2.218 > t table 1.99834, it can be concluded that there is an influence between the ability of Qur'anic tahfidz (x) to the learning outcome (y) or Ha received. Based on SPSS calculations, it is known that the R square value of 0.072 means that the influence of the ability of Qur'anic tahfidz (x) on learning outcomes (y) is 7.2% with the rest influenced by other variables that are not contained in this study. Keywords: Qur'an Tahfidz Ability, Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Aug 2023 03:54
Last Modified: 14 Aug 2023 03:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29640

Actions (login required)

View Item View Item