PENGARUH CITRA, KEPERCAYAAN DAN PREFERENSI MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BAHAN UPVC UNTUK KONSTRUKSI BANGUNAN PADA PT ATI BANDAR LAMPUNG (Studi pada Konsumen PT ATI Bandar Lampung)

Rasyidah, Al Ganiyati (2023) PENGARUH CITRA, KEPERCAYAAN DAN PREFERENSI MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BAHAN UPVC UNTUK KONSTRUKSI BANGUNAN PADA PT ATI BANDAR LAMPUNG (Studi pada Konsumen PT ATI Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Persaingan bisnis terjadi di Provinsi Lampung yang membuat perusahaan memikirkan cara untuk mempertahankan pelanggan dengan baik. PT. Aplikator Teknik Indonesia (ATI) merupakan salah satu distributor manufaktur yang bergerak di bidang material bangunan yaitu kusen, pintu dan jendela UPVC (Unplasticized Poly Vinyl Chloride) yang beralamatkan di Jalan Teuku Umar No. 26, Kedaton, Bandar Lampung. Berdasarkan hasil peneliti, penjualan toko terus mengalami penurunan secara perlahan dari waktu ke waktu. Hal ini disebabkan oleh beberapa permasalahan yaitu tidak memahami merek dagang dari produk UPVC sehingga tidak mengetahui bahwa PT ATI memproduksi produk dalam negeri yang telah bersertifikasi TKDN, konsumen hanya membandingkan dengan produk kompetitor tanpa tahu apa yang dibandingkan, dan masih ada beberapa alternatif penggunaan produk lain dalam pembuatan kusen, daun pintu dan jendela seperti halnya aluminium dan kayu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu konsumen PT. Aplikator Teknik Indonesia Bandar Lampung dengan sampel penelitian sebanyak 96 responden menggunakan teknik purposive sampling dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) dengan software SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel citra merek berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel kepercayaan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan preferensi merek juga berpengengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa citra merek, kepercayaan merek dan preferensi merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dalam perspektif ekonomi islam, keputusan pembelian yang dilakukan konsumen pada produk UPVC untuk konstruksi bangunan sudah sesuai dengan sifat Nabi Muhammad SAW yaitu siddiq, fatanah, tablig dan amanah. Kata Kunci : Citra Merek, Kepercayaan Merek, Preferensi Merek, Keputusan Pembelian, UPVC. ABSTRACT Business competition occurs in Lampung Province which makes company think about ways to retain customers well. PT. Applicator Teknik Indonesia (ATI) is one of the manufacturing distributors engaged in the field of building materials, namely UPVC (Unplasticized Poly Vinyl Chloride) sills, doors and windows which is located at Jalan Teuku Umar No. 26, Kedaton, Bandar Lampung. Based on the research results, store sales continued to decline slowly over time. This is caused by several problems, namely not understanding the trademark of UPVC products so they do not know that PT ATI produces domestic products that have been TKDN certified, consumers only compare products with competitors without knowing what is being compared, and there are still several alternative uses of other products in manufacture of frames, doors and windows as well as aluminum and wood The research method used is a quantitative method. The population in this study are consumers of PT. The Indonesian Technical Applicator in Bandar Lampung with a sample of 96 respondents used a purposive sampling technique by collecting data through a questionnaire. The analytical method used in this study is partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) with SmartPLS 3 software. The results of this study indicate that partially the brand image variable has a positive but not significant effect on purchasing decisions, the brand trust variable has a positive and significant effect on purchasing decisions and brand preference also has a positive and significant effect on purchasing decisions. The results of the study simultaneously show that brand image, brand trust and brand preference have a positive and significant effect on purchasing decisions. In an Islamic economic perspective, purchasing decisions made by consumers on UPVC products for building construction are in accordance with the characteristics of the Prophet Muhammad SAW like siddiq, fatanah, tablig dan amanah. Keywords: Brand Image, Brand Trust, Brand Preference, Purchase Decision, UPVC.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Aug 2023 02:20
Last Modified: 14 Aug 2023 02:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29625

Actions (login required)

View Item View Item