PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP AL AZHAR 1 BANDAR LAMPUNG

Edo, Ramada (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP AL AZHAR 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & B AB 5.pdf] PDF
Download (9MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL  EDO RAMADA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan penelitian ini yaitu masih terdapat hasil belajar peserta didik yang belum tuntas dan dibawah KKM. Hal ini disebabkan oleh guru yang belum menerapkan model yang inovatif dalam pembelajaran, guru masih menggunakan metode konvesional yaitu ceramah, tanya jawab dan penugasan. Guna mengatasi permasalahan tersebut guru perlu menerapkan model pembelajaraan inkuiri agar peserta didik aktif dalam proses pembelajaran dengan tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada peserta didik kelas VII di SMP Al Azhar 1 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperiment (eksperimen semu) dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 24 orang, dengan sampel yang diambil terdiri dua dua kelas yaitu kelas VII A (12 orang) dan VII B (12 orang). Teknik pengumpulan data utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah test yang berbentuk pilihan ganda (multiple choice). Instrument test sebelum digunakan dilakukan pengujian validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat sukar. Untuk analisis data digunakan uji prasyarat analisis, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dengan taraf pengujian sig. 0.05. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar pendidikan agama islam pada peserta didik kelas VII di SMP Al Azhar 1 Bandar Lampung. Hal ini berdasarkan dari nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 88,92 yang lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rat-rata pada kelas kontrol sebesar 82,25. Dapat dilihat dari hasil uji hipotesis pada taraf signifikan 0,000 < α = 0,05 dengan menggunakan uji Paired Sample Test. Dengan demikian H0 ditolak Ha diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam pada peserta didik kelas VII di SMP Al Azhar 1 Bandar Lampung. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam. iii ABSTRACT The problem with this research is that there are still students' learning outcomes that have not been completed and are under the KKM. This is caused by teachers who have not implemented innovative models in learning, teachers still use conventional methods, namely lectures, questions and answers and assignments. In order to overcome these problems the teacher needs to apply an inquiry learning model so that students are active in the learning process with the aim of this study to determine the effect of the inquiry learning model on learning outcomes of Islamic Religious Education in class VII students at SMP Al Azhar 1 Bandar Lampung. This study uses a quasi-experimental research method (quasi experiment) with a quantitative approach. The total population in this study was 24 people, with samples taken consisting of two classes, namely class VII A (12 people) and VII B (12 people). The main data collection technique used in this study was a multiple choice test. The instrument test before use is tested for validity, reliability, discriminatory power and level of difficulty. For data analysis, the analysis prerequisite test was used, namely the normality test and homogeneity test with a sig. 0.05. The results showed that there was an influence of the inquiry learning model on the learning outcomes of Islamic religious education in class VII students at SMP Al Azhar 1 Bandar Lampung. This is based on the average value of the experimental class of 88.92 which is higher than the average value of the control class of 82.25. It can be seen from the results of the hypothesis test at a significant level of 0.000 <α = 0.05 using the Paired Sample Test. Thus H0 is rejected Ha is accepted, meaning that there is an influence of the inquiry learning model on the learning outcomes of Islamic religious education in class VII students at SMP Al Azhar 1 Bandar Lampung. Keywords: Inquiry Learning Model, Learning Outcomes, Islamic Religious Education.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Aug 2023 04:22
Last Modified: 11 Aug 2023 04:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29604

Actions (login required)

View Item View Item