HUBUNGAN KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN PARTISIPASI AKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 2 MERBAU MATARAM LAMPUNG SELATAN

DESY, RETNO WATI (2023) HUBUNGAN KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN PARTISIPASI AKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 2 MERBAU MATARAM LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DESY RETNO WATI...pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Hubungan Kecerdasan intrapersonal terhadap hasil belajar siswa, (2) Hubungan partisipasi aktif terhadap hasil belajar siswa(3) Adakah hubungan antara kecerdasan intrapersonal dan partisipasi aktif terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 2 Merbau Mataram Lampung Selatan yang berjumlah 40 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 25 siswa yang diambil secara random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket untuk memperoleh data kecerdasan intrapersonal dan data partisipasi aktif siswa dan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa semester ganjil SDN 2 Merbau Mataram tahun ajaran 2022/2023. Instrument diuji dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Dilanjutkan dengan uji prasyarat analisis yang meliputi uji Homogenitas, uji Normalitas, dan uji Linieritas. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi Product Moment yang digunakan untuk mengetahui korelasi nyata variable bebas terhdapa variabel tidak bebas. Dari hasil analisis data hasil perhitungan menggunakan program Product Momen tersebut menunjukkan pengaruh kecerdasan intrapersonal terhadap hasil belajar murid diperoleh r Hitung = 4,958 dan r Tabel = 0,413 maka diperoleh r Hitung > rTabel atau 4,958 > 0,413. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Ini berarti bahwa terdapat hubungan positif antara kecerdasan intrapersonal dan partisipasi aktif terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Kecerdasan Intrapersonal, partisipasi aktif dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Aug 2023 03:47
Last Modified: 11 Aug 2023 03:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29599

Actions (login required)

View Item View Item