DETERMINAN MINAT MAHASISWA MENGGUNAKAN PEMBAYARAN DIGITAL QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD (QRIS) DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)

Fajria, Oktavia (2023) DETERMINAN MINAT MAHASISWA MENGGUNAKAN PEMBAYARAN DIGITAL QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD (QRIS) DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FAJRIA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Layanan aplikasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) merupakan aplikasi yang disediakan oleh Bank Indonesia memiliki tujuan untuk memfasilitasi transaksi keuangan berbasis digital bagi seluruh kalangan, terutama generasi milenial yang umumnya berstatus sebagai mahasiswa. Akan tetapi belum diketahui respon baik dari mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam tahun UIN Raden Intan Lampung tentang QRIS ini. Sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pengetahuan dan motivasi berpengaruh terhadap minat mahasiswa menggunakan pembayaran digital QRIS secara parsial, apakah pengetahuan dan motivasi berpengaruh terhadap minat mahasiswa menggunakan pembayaran digital QRIS secara Simultan dan bagaimana penggunaan digital QRIS dalam perspektif Ekonomi Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan motivasi secara simultan terhadap minat mahasiswa menggunakan pembayaran digital QRIS dan untuk mengetahui bagamiana penggunaan digital QRIS dalam perspektif Ekonomi Islam.. Pengambilan sampel menggunakan rumus Taro Yamane dan tekniknya yaitu random sampling sebanyak responden mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung angkatan . Hasil penelitian ini dalam Uji (t) terlihat bahwa variabel pengetahuan memiliki thitung > ttabel ( > ) dan taraf signifikansi kurang dari ( , < ), yang berarti bahwa variabel Pengetahuan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Minat Mahasiswa. Variabel motivasi memiliki thitung > ttabel ( > ) maka H di terima dengan nilai signifikansi nya < maka dapat disimpulkan bahwa variabel Motivasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Minat Mahasiswa. Hasil Uji (f) menunjukkan nilai signifikansi < dan nilai Fhitung > Ftabel. Hal ini menunjukkan bahwa variabel Pengetahuan dan Motivasi berpengaruh secara simultan terhadap Minat Mahasiswa menggunakan QRIS. Kata kunci: Qris, Minat, Pengetahuan dan Motivasi. ABSTRACT The Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) application service is an application provided by Bank Indonesia to make non-cash transactions via smartphones. QRIS has the goal of facilitating digital-based financial transactions for all people, especially the millennial generation who are generally students. However, there is no known good response from students of the Faculty of Islamic Economics and Business class of at UIN Raden Intan Lampung about this QRIS. So the formulation of the problem in this study is whether knowledge and motivation affect students' interest in using QRIS digital payments partially, whether knowledge and motivation affect students' interest in using QRIS digital payments simultaneously and what is the perspective of Islamic Economics towards the use of QRIS in digital payment transactions.Surat Pengesahan The purpose of this study was to determine the effect of knowledge and motivation simultaneously on students' interest in using QRIS digital payments and to find out an analysis of an Islamic perspective on the use of QRIS in digital payment transactions. Collection using a questionnaire and measurement using a Likert scale. Sampling used the Taro Yamane formula and the technique was random sampling of student respondents from the Faculty of Economics and Islamic Business, UIN Raden Intan Lampung class of . The results of the research on the (t) test show that the knowledge variable has tcount > ttable ( > ) and a significance level of less than ( < ), which means that the knowledge variable has a significant effect on students. interest. The motivational variable has tcount > ttable ( > ) so H is accepted with a significance value of < which means that the motivational variable has a significant effect on students' learning interest. The test results (f) show a significance value of < and Fcount > Ftable . This shows that the variables Knowledge and Motivation simultaneously influence students' interest in using QRIS. Keywords: Qris, Interest, Knowledge and Motivation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Aug 2023 03:25
Last Modified: 11 Aug 2023 03:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29593

Actions (login required)

View Item View Item