ANALISIS PENGARUH ZAKAT, INFAQ, SHADAQAH (ZIS), INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM), TINGKAT PENGANGGURAN TERBUKA (TPT), DAN KEMISKINAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI LAMPUNG (Analisa Data Panel 2018 – 2022)

Rindy, Febriani (2023) ANALISIS PENGARUH ZAKAT, INFAQ, SHADAQAH (ZIS), INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM), TINGKAT PENGANGGURAN TERBUKA (TPT), DAN KEMISKINAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI LAMPUNG (Analisa Data Panel 2018 – 2022). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI RINDY FEBRIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pertumbuhan ekonomi merupakan hasil keberhasilan dalam pembangunan suatu daerah, dimana pertumbuhan ekonomi tersebut dapat dinikmati oleh semua masyarakat beserta pemerintahan. Pertumbuhan ekonomi Indonesia akan terus berkembang terutama di Provinsi Lampung dengan didukung berbagai sektor. Ekonomi islam memandang keberhasilan ekonomi dapat tercapai jika keadilan dan kemerataan sudah tercapai. Salah satu instrumen kemerataan dalam Islam yaitu Zakat, Infaq, Shadaqah (ZIS). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS), Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT), dan kemiskinan terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung tahun 2018-2022. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan periode penelitian tahun 2018-2022. Data penelitian ini berupa data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Provinsi Lampung, dengan analisis data menggunakan regresi data panel dengan Eviews 10. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa variabel ZIS, IPM dan TPT, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi secara parsial. Sedangkan variabel kemiskinan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi secara parsial. Hasil analisis regresi secara simultan diperoleh bahwa ZIS, IPM, TPT dan kemiskinan secara bersama-sama mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Kemampuan prediksi dari keempat variabel tersebut terhadap pertumbuhan ekonomi sebesar sebesar 48,8643% sedangkan, sisanya yaitu 52.1357 % dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Kunci Kunci : Pertumbuhan Ekonomi, Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS),Indeks Pembangunan manusia (IPM), Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dan Kemiskinan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Aug 2023 07:44
Last Modified: 10 Aug 2023 07:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29576

Actions (login required)

View Item View Item