ANALISIS STRATEGI PEMASARAN, KAPASITAS PRODUKSI, DAN KETERLAMBATAN BAHAN BAKU TERHADAP PERMINTAAN KONSUMEN AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) BERDASARKAN PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Kasus PT. Sumber Makmur Tanggamus)

RIKO, YULIANSYAH (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN, KAPASITAS PRODUKSI, DAN KETERLAMBATAN BAHAN BAKU TERHADAP PERMINTAAN KONSUMEN AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) BERDASARKAN PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Kasus PT. Sumber Makmur Tanggamus). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSATT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK RIKO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pada penelitian ini membahas tentang Analisis Strategi Pemasaran, Kapasitas Produksi dan Keterlambatan Bahan Baku Terhadap Permintaan Konsumen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) PT. Sumber Makmur Tanggamus Dalam Prespektif Bisnis Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemasaran, Kapsitas Produksi, dan Keterlambatan Bahan Baku Terhadap Permintaan Konsumen Air Minum Dalam Kemasan PT. Sumber Makmur Tanggamus. Jenis penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian Kualitatif. Data yang diolah merupakan hasil wawancara dan observasi yang didapatkan dari laporan penjualan PT. Sumber Makmur Tanggamus pada tahun 2021. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis deskriptif, yaitu menguraikan data�data yang diperoleh dari perusahaan kemudian dikaitkan dengan teori�teori yang relevan dengan pelaporan yang mengacu pada konsep 4P bauran pemasaran (product, price, place, promotion) kemudian disimpulkan. Teori yang digunakan teori pemasaran dan teori manajemen operasional beserta indikator-indikator yang terdapat didalamnya. Berdasarkan hasil pengumpulan data PT. Sumber Makmur Tanggamus dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan untuk meningkatkan hasil penjualan yakni menambah jumlah produksi, menggencarkan proses promosi, melakukan inovasi produk dengan cara menambah varian kemasan, melakukan pemasaran secara langsung, memberikan pelayanan yang maksimal, menjalin komunikasi yang baik terhadap konsumen, dan yang terakhir memberikan tingkat harga yang kompetitif. Dalam faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi penjualan bulanan diketahui indikator faktor kekuatan perusahaan yakni banyak varian produk, kinerja sumber daya manusia (SDM) yang sudah berpengalaman dibidang pemasaran, lokasi yang strategis, usia perusahaan yang sudah lama berdiri, dan dua merek produk yang sudah BPOM. Kemudian indikator Kelemahan untuk faktor internal yakni tingkat promosi yang masih terbatas, keterbatasan bahan baku, alat produksi yang terbatas, kemasan produk yang masih umum, dan pangsa pasar yang masih terbatas. Selanjutnya, untuk indikator peluang selaku faktor eksternal yaitu hubungan kerjasama yang terjalin baik dengan konsumen, permintaan air minum dalam kemasan cukup tinggi, dan kebutuhan masyarakat akan air minum dalam kemasan khususnya galon sangat tinggi. Terakhir untuk indikator ancaman selaku faktor eksternal yakni persaingan harga, harga bahan baku yang naik, dan banyak perusahaan sejenis dan merek yang beredar. Kata kuncinya : Strategi Pemasaran, Kapasitas produksi, dan Keterlambatan Bahan Baku, Analisis SWOT. ABSTRACT This study discusses the Analysis of Marketing Strategy, Production Capacity and Delays in Raw Materials Against Consumer Demand for Bottled Water (AMDK) PT. Sumber Makmur Tanggamus in Islamic Business Perspective. This study aims to determine the Marketing Strategy, Production Capacity, and Delays in Raw Materials Against Consumer Demand for Bottled Water PT. Sumber Makmur Tanggamus. The type of research used is Qualitative Research Methods. The processed data is the result of interviews and observations obtained from sales reports of PT. Sumber Makmur Tanggamus in 2021. The data analysis technique used is a descriptive analysis technique, which describes the data obtained from the company and then relates it to theories relevant to reporting which refers to the 4P concept of the marketing mix (product, price, place, promotion) is then concluded. The theory used is marketing theory and operational management theory along with the indicators contained therein. Based on the results of data collection PT. Sumber Makmur Tanggamus can be concluded that the marketing strategies used to increase sales results are increasing the amount of production, intensifying the promotion process, innovating products by adding packaging variants, conducting direct marketing, providing maximum service, establishing good communication with consumers, and the latter provides a competitive price level. For internal and external factors that can affect monthly sales, it is known that the indicators of the company's strength factors are the many product variants, the performance of Human Resources (HR) who are experienced in marketing, strategic location, the age of the company that has been established for a long time, and two product brands that have been BPOM. Then indicators of Weaknesses for internal factors namely the level of promotion which is still limited, limited raw materials, limited production equipment, product packaging that is still common, and market share which is still limited. Furthermore, for indicators of opportunities as external factors, namely good cooperative relations with consumers, the demand for bottled drinking water is quite high, and the community's need for bottled drinking water, especially gallons, is very high. Finally, for indicators of threats as external factors, namely price competition, rising raw material prices, and many similar companies and brands circulating. Keywords: Marketing Strategy, Production Capacity, and Raw Material Delays, SWOT Analysis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Aug 2023 04:18
Last Modified: 10 Aug 2023 04:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29553

Actions (login required)

View Item View Item