PENGARUH LOKASI STRATEGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada Toko Gedung Dalom Harapan Jaya di Kampung Kiling-kiling Way Kanan)

Elsa, Tika Pertiwi (2023) PENGARUH LOKASI STRATEGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada Toko Gedung Dalom Harapan Jaya di Kampung Kiling-kiling Way Kanan). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1-2 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pola fikir konsumen semakin berkembang dalam memilih tempat atau lokasi. Sebelum melakukan keputusan pembelian banyak faktor yang akan mereka evaluasi terlebih dahulu salah satunya adalah lokasi yang strategis. Lokasi strategis yang baik akan memunculkan minat beli dan akhirnya melakukan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lokasi strategis berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai mediasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner secara online melalui google formulir. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu penduduk di di kecamatan Negeri Besar yang ada di Lampung Way Kanan dan penentuan sampel menggunakan non-probility sampling yaitu purposive sampling dengan sampel yang berjumlah 83 responden. Selanjutnya untuk menganalisis peneliti menggunakan skala likert dan metode analisis datanya menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lokasi strategis berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Semakin tempatnya yang strategis maka keputusan pembelian meningkat. Variabel lokasi strategis berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Semakin tempatnya mudah dijangkau maka minat beli akan semakin meningkat. Variabel minat beli pembelian berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Semakin tinggi minat beli maka akan semakin meningkat keputusan pembelian. Variabel minat beli bepengaruh positif dan signifikan serta memediasi hubungan antara lokasi strategis dan keputusan pembelian. Minat beli dapat memediasi hubungan lokasi strategis dan keputusan pembelian. Hasil penelitian dalam perspektif bisnis Islam terhadap keputusan pembelian dalam Q.S Al-Maidah: 88 bahwa konsumsi haruslah makanan yang halal untuk dikonsumsi. Kata Kunci : Lokasi Strategis, Keputusan Pembelian, dan Minat Beli. ABSTRACT The mindset of consumers is growing in choosing a place or location. Before making a purchasing decision, they will evaluate many factors first, one of which is a strategic location. A good strategic location will generate interest in buying and ultimately make a purchase decision. This study aims to determine the strategic location influence on purchasing decisions with buying interest as mediation. The research method used is a quantitative method with data collection techniques through online questionnaires via Google form. The population in this study, namely residents in the Negeri Besar sub-district in Lampung Way Kanan and the determination of the sample using non-probability sampling, namely purposive sampling with a sample of 83 respondents. Furthermore, to analyze the researchers used a Likert scale and the data analysis method used SmartPLS. The results of this study indicate that strategic location has a positive and significant effect on purchasing decisions. The more strategic the place, the purchasing decision increases. The strategic location variable has a positive and significant effect on buying interest. The easier the place is to reach, the more buying interest will increase. Purchasing decision variable has a positive and significant effect on purchase intention. The more purchasing decisions you make, the more buying interest will increase. Purchase intention variable has a positive and significant influence and mediates the relationship between strategic location and purchasing decisions. Purchase intention can mediate the relationship between strategic location and purchase decision. The results of research in the perspective of Islamic business on purchasing decisions in Q.S Al�Maidah: 88 that consumption in Islam is basically not bad, as long as it is not consumed excessively. Keywords: Strategic Location, Purchase Decision, and Purchase Intention.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Aug 2023 03:40
Last Modified: 09 Aug 2023 03:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29475

Actions (login required)

View Item View Item