ANALISIS PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN PELAYANAN PARIWISATA TERHADAP MENINGKATKAN PENDAPATAN PASCA COVID-19 BERDASARKAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Jati Agro Farming Desa Jati Mulyo, Kec Jati Agung Lampung Selatan)

INDAH, KURNIA NINGSIH (2023) ANALISIS PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN PELAYANAN PARIWISATA TERHADAP MENINGKATKAN PENDAPATAN PASCA COVID-19 BERDASARKAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Jati Agro Farming Desa Jati Mulyo, Kec Jati Agung Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI INDAH KURNIA NINGSIH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi promosi dan pelayanan dalam meningkatkan pendapatan wisata di Jati Agro Farming, Kec. Jatimulyo, Lampung Selatan. Dalam penelitian ini yang menjadi pokok permasalahan yaitu bagaimana pengaruh strategi promosi yang diterapkan wisata Jati Agro Farming, Kec. Jatimulyo, Lampung Selatan serta bagaimana pengaruh pelayanan dalam meningkatkan pendapatan wisata tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui bagaimana pengaruh strategi promosi dan pelayanan dalam meningkatkan pendapatan di wisata Jati Agro Farming, Kec. Jatimulyo, Lampung Selatan dalam perspektif Ekonomi Islam. Dalam penelitian ini diambil 100 sampel dengan menyebarkan kuisionar. Metode yang digunakan untuk adalah metode non probability sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dan analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Jenis data yang digunakan yaitu data primer. Dalam penelitian ini menggunakan 3 variabel yaitu variabel strategi promosi dan pelayanan sebagai variabel independen dan variabel pendapatan sebagai variabel dependen. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yang diperoleh melalui teknik skala likert. Hasil penelitian ini secara keseluruhan menunjukkan bahwa strategi promosi dan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatandi wisata Jati Agro Farming, Kec. Jatimulyo, Lampung Selatan serta dalam perspektif Ekonomi Islam. Dalam perspektif ekonomi islam terdapat tiga macam yaitu, Ar-Ribh At-Tijari (laba usaha), diartikan sebagai pertambahan pada harta yang telah dikhususkan untuk perdagangan sebagai hasil dari proses barter dan perjalanan bisnis. Dalam hal ini termasuk laba hakiki sebab laba itu muncul karena proses jual beli. Al-Ghallah, yaitu pertambahan yang terdapat pada barang dagangan sebelum penjualan. Al-Faidah, yaitu pertambahan pada barang milik yang ditandai dengan perbedaan anatara harga, waktu pembelian dan penjualan, yaitu sesuatu yang baru berkembang dari barang-barang yang dimiliki. Kata Kunci : Strategi Promosi, Pelayanan, Pendapatan dan Ekonomi Islam. ABSTRACT Promotion and service strategy in increasing tourism income in Jati Agro Farming, Kec. Jatimulyo, South Lampung. In this research, the main problem is how to influence the promotion strategy implemented by Jati Agro Farming Tourism, Kec. Jatimulyo, South Lampung and how the influence of services in increasing tourism revenue. This study aims to find out how the influence of promotion and service strategies in increasing income at Jati Agro Farming Tourism, Kec. Jatimulyo, South Lampung in the perspective of Islamic Economics. In this study, 100 samples were taken by distributing questionnaires. The method used is the non-probability sampling method. Collecting data using a questionnaire and analyzing data using multiple linear regression analysis. The type of data used is primary data. this study uses 3 variables, namely promotion and service strategy variables as independent variables and income variables as the dependent variable. This study uses data collection methods obtained through the Likert scale technique. The results of this study as a whole indicate that promotion and service strategies have a positive and significant effect on tourism income at Jati Agro Farming, Kec. Jatimulyo, South Lampung and in the perspective of Islamic Economics. From an Islamic economic perspective, there are three types, namely, Ar-Ribh At-Tijari (business profit), defined as an increase in assets that have been devoted to trade as a result of the process of bartering and business trips. In this case, it includes true profit because the profit arises due to the buying and selling process. Al-Ghallah, namely the increase in merchandise before sales. Al-Faidah, namely the increase in property is marked by the difference between price, time of purchase, and sale, something that has just developed from the goods owned. Keywords: Promotion Strategy, Service, Income, and Islamic Economy.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Aug 2023 03:40
Last Modified: 08 Aug 2023 03:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29420

Actions (login required)

View Item View Item