PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS MIFTAHUL ULUM BANGKUNAT PESISIR BARAT TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Beliya, Wati (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS MIFTAHUL ULUM BANGKUNAT PESISIR BARAT TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL BELIYA WATI.pdf] PDF
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTs MIFTAHUL ULUM BANGKUNAT PESISIR BARAT TAHUN PELAJARAN 2021/2022 Di Buat Oleh: Beliya Wati Pembelajaran Daring dapat diartikan sebagai proses pembelajaran dengan cara terbaru dengan cara penyampaian yang konvensional dengan memanfaatkan berbagai teknologi yang ada dalam menyampaikan materi. Motivasi Belajar Siswa merupakan sesuatu hal yang dapat mendorong dan menggerakan siswa untuk dapat menguasai materi pembelajaran yang sedang dipelajari dengan baik dan benar.Jadi Pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa adalah upaya dan pengusahaan dari berbagai aspek dan metode yang dilakukan pendidik dalam proses belajar mengajar agar proses belajar mengajar berjalan dengan baik dan nyaman bagi pendidik dan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dari penjelasan diatas penelitian ini menjelaskan tentang ―Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Di MTs Miftahul Ulum Bangkunat Pesisir Barat Tahun Pelajaran 2021/2022’’. Ditinjau dari jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif . Adapun yang menjadi populasi di dalam penelitian ini adalah 33 siswa kelas VIII dan sampel pada penelitian ini menggunakan sampel multi-strage cluster area random sampling dimana teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan menggunakan seluruh siswa di MTs Miftahul Ulum Bangkunat Pesisir Barat. Metode pengumpulan datanya menggunakan angket. Uji analisis data yang meliputi uji normalitas, uji linearitas dan uji linearitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi sederhana, uji T dan uji F. Berdasarkan hasil yang didapat dalam penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan anatar iv pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Miftahul Ulum Bangkunat Pesisir Barat. Hal tersebut terdapat pada nilai variabel Pembelajaran Daring berpengaruh positif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di MTs Miftahul Ulum Bengkunat Pesisir Barat Tahun Pelajaran 2021/2022sebesar 47,4% dengan sisanya 52,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar Siswa v ABSTRACT THE INFLUENCE OF ONLINE LEARNING ON STUDENTS' LEARNING MOTIVATION IN CLASS VIII AT MTs MIFTAHUL ULUM BANGKUNAT WEST COASTAL YEAR 2021/2022 ACADEMIC YEAR 2021/2022 Made by: Beliya Wati Online learning can be interpreted as a learning process in the latest way by means of conventional delivery by utilizing various existing technologies in conveying material. Student Learning Motivation is something that can encourage and move students to be able to master the learning material that is being studied properly and correctly. So online learning for student learning motivation is an effort and effort from various aspects and methods carried out by educators in the teaching and learning process so that the learning process teaching and learning goes well and comfortable for educators and students to achieve learning objectives. From the explanation above, this study explains "The Influence of Online Learning on the Learning Motivation of Class VIII Students at MTs Miftahul Ulum Bangkunat Pesisir Barat for the Academic Year 2021/2022''. Viewed from this type of research is a quantitative research. The population in this study were 33 class VIII students and the sample in this study used a multi-strate cluster area random sampling sample where the sampling technique used random sampling using all students at MTs Miftahul Ulum Bangkunat West Coast. The data collection method uses a questionnaire. Data analysis test which includes normality test, linearity test and linearity test. The data analysis technique used to test the hypothesis is simple regression analysis, T test and F test. Based on the results obtained in this study, it shows that there is a significant influence between online learning on the learning motivation of class VIII students at MTs Miftahul Ulum Bangkunat Pesisir Barat. This is found in the value of the variable Online Learning which has a positive effect on the Learning Motivation of Class VIII Students at MTs Miftahul Ulum Bengkunat Pesisir Barat for the 2021/2022 Academic Year of 47.4% with the remaining 52.6% being influenced by other factors not examined in this study. Keywords: Online Learning, Student Learning Motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Aug 2023 08:46
Last Modified: 07 Aug 2023 08:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29403

Actions (login required)

View Item View Item