PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MENGGUNAKAN MICROSOFT OFFICE SWAY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK

Persa, Ipran (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MENGGUNAKAN MICROSOFT OFFICE SWAY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif menggunakan microsoft office sway yang bertujuan mengetahui peningkatan pemahaman konsep peserta didik sebelum dan sesudah penggunaanya. 1) E-modul interaktif menggunakan microsoft office sway dikembangkan dengan cara menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation).2) Kelayakan e-modul interaktif menggunakan microsoft office sway dinyatakan sangat layak digunakan dengan skor rata-rata dari ahli materi sebesar 85% dengan kriteria sangat layak dan diperoleh skor rata-rata oleh ahli media sebesar 82% dengan kriteria sangat layak. 3) Respon pendidik terhadap e-modul interaktif menggunakan microsoft office sway diperoleh hasil sangat menarik dengan skor rata-rata 89% dan sangat menarik bagi peserta didik dengan skor rata- rata 89,20%. 4)E-modul interaktif menggunakan microsoft office sway dinyatakan dapat membantu meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dengan perbandingan hasil dari pretest dan posttest dengan perhitungan N-Gain mendapatkan nilai 0,82 dengan kriteria tinggi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis dapat disimpulkan bahwa bahan ajar E-Modul interaktif menggunakan Microsoft Office Sway sangat layak dan menarik serta mampu meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Kata Kunci: Microsoft Office Sway, E-modul Interaktif, Pemahaman Konsep iv ABSTRACT This study aims to develop interactive e-modules using Microsoft Office Sway which aims to increase students' understanding of concepts before and after their use. 1) Products are developed using the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). 2) Feasibility of interactive e�modules using microsoft office sway is stated to be very feasible to use with an average score from material experts of 85% with very criteria feasible and obtained an average score by media experts of 82% with very feasible criteria. 3) Educators' response to interactive e-modules using Microsoft Office Sway obtained very interesting results with an average score of 89% and very interesting for students with an average score of 89.20%. 4) Interactive e-modules using Microsoft Office Sway are stated to be able to help improve students' understanding of concepts by comparing the results of the pretest and posttest with the N-Gain calculation getting a score of 0.82 with high criteria. Based on the research conducted by the author, it can be concluded that interactive E-Module teaching materials using Microsoft Office Sway are very feasible and interesting and are able to improve students' understanding of concepts. Keywords: Microsoft Office Sway, Interactive E-module, Concept Understanding

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:40
Last Modified: 07 Aug 2023 04:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29367

Actions (login required)

View Item View Item