PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE BERBASIS SOCIOSCIENTIFIC ISSUES DENGAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN KOLABORASI PESERTA DIDK KELAS XI SMAN 01 TANJUNG RAYA PADA MATERI FISIKA

Eny, Retno Suryani (2023) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE BERBASIS SOCIOSCIENTIFIC ISSUES DENGAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN KOLABORASI PESERTA DIDK KELAS XI SMAN 01 TANJUNG RAYA PADA MATERI FISIKA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1-2&dapus.pdf] PDF
Download (12MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran RICOSRE berbasis Socioscientific Issues dengan Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan kolaborasi peserta didik. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 01 Tanjung Raya, metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA dengan sampel XI MIPA 2 dan XI MIPA 3. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan purposive random sampling. Instrumen dalam penelitian ini yaitu instrumen tes dan non-tes, tes berupa soal essay untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah dan non-tes berupa angket untuk mengukur kemampuan kolaborasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji Multivariate of Variance (MANOVA). Hasil pengujian hipotesis pertama didapatkan hasil 0,030 < 0,05 maka H1 diterima, hasil kedua 0,001 < 0,05 maka H1 diterima dan hasil ketiga didapatkan 0,000 < 0,05 maka H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbandingan model pembelajaran RICOSRE berbasis Socioscientific Issues dengan Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah, 2) Terdapat perbandingan model pembelajaran RICOSRE berbasis Socioscientific Issues dengan Discovery Learning terhadap kemampuan kolaborasi, 3) Terdapat perbandingan model pembelajaran RICOSRE berbasis Socioscientific Issues dengan Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan kolaborasi. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Kolaborasi, Model Pembelajaran RICOSRE, Socioscientific Issues, Discovery Learning iii ABSTRACT This study aims to determine the comparison of the RICOSRE learning model based on Socioscientific Issues with Discovery Learning on students' problem-solving skills and collaboration skills. The research was conducted at SMA Negeri 01 Tanjung Raya, the method used is quasi-experimental. The population in this study was class XI MIPA with samples XI MIPA 2 and XI MIPA 3. The sampling technique was purposive random sampling. The instruments in this study were test and non-test instruments, tests in the form of essay questions to measure problem solving skills and non-tests in the form of questionnaires to measure collaboration skills. Hypothesis testing using the Multivariate of Variance (MANOVA) test. The results of testing the first hypothesis are 0.030 < 0.05, then H1 is accepted, the second result is 0.001 < 0.05, then H1 was accepted and the third result is 0.000 < 0.05, then H1 is accepted. Based on the results of this study, it is concluded that: 1) There is a comparison of the RICOSRE learning model based on Socioscientific Issues and the Discovery Learning to problem solving skills, 2) There is a comparison of the RICOSRE learning model based on Socioscientific Issues and the Discovery Learning to collaboration skills, 3) There is a comparison of the RICOSRE learning model based on Socioscientific Issues and the Discovery Learning to problem solving skills and collaboration skills. Keywords: Problem Solving Skills, Collaborative Skills, RICOSRE Learning Model, Socioscientific Issues, Discovery Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Aug 2023 03:14
Last Modified: 07 Aug 2023 03:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29339

Actions (login required)

View Item View Item