PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI SEVIMA EDLINK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF ESTEEM

IRMA, WULANDARI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI SEVIMA EDLINK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF ESTEEM. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI IRMA WULANDARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemecahan masalah matematis di dalam pelajaran matematika adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa guna menyelesaikan permasalahan matematika. Berdasarkan pra penelitian di MTs N 03 OKU Selatan menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah. Faktor lain yang mengakibatkan kurang berhasilnya siswa dalam pelajaran matematika adalah self esteem siswa juga masih rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning berbantuan aplikasi sevima edlink terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self esteem. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Quasi Eksperimental Design dengan populasi seluruh siswa kelas VIII MTs N 03 OKU Selatan. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas VIII.1 dan VIII.3. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pemecahan masalah matematis dan angket self esteem. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Multivariate Analysis of Varians dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan pertama dengan nilai p-value sebesar 0,000 yang menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran blended learning berbantuan aplikasi sevima edlink terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self esteem siswa, kesimpulan kedua dengan nilai p�value sebesar 0,001 yang menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran blended learning berbantuan aplikasi sevima edlink terhadap peningkatan kemampuan pemecahan msalah matematis, selanjutnya kesimpulan ketiga dengan p-value sebesar 0,001 yang menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran blended learning berbantuan aplikasi sevima edlink terhadap self esteem. Kata kunci: Blended learning, kemampuan pemecahan masalah matematis, self esteem, sevima edlink. ABSTRACT The ability to solve mathematical problems in mathematics is one of the abilities that must be possessed by students in order to solve mathematical problems. Based on pre-research at MTs N 03 OKU Selatan, it shows that students' mathematical problem solving abilities are still low. Another factor that causes students to be less successful in mathematics is self esteem students are still low. The purpose of this study is to determine the effect of the learning model blended learning application assistance sevima edlink towards improving problem solving abilities and self esteem. This research is a quantitative research Quasi Experimental Design with a population of all students of class VIII MTs N 03 OKU Selatan. The sample in this study uses the technique cluster random sampling namely class VIII.1 and VIII.3. Data collection techniques using mathematical problem solving tests and questionnaires self esteem. The data analysis technique used in this research is test Multivariate Analysis of Varians with a significance level of 5%. Based on the results of the analysis, the first conclusion is obtained with value p-value as much as 0,000 which shows that there is an influence of the learning model blended learning application assistance sevima edlink towards improving mathematical problem solving abilities and self esteem students, the second conclusion with grades p-value as much as 0.001 which shows that there is an influence of the learning model blended learning application assistance sevima edlink towards increasing the ability to solve mathematical problems, then the third conclusion withp-value as much as 0.001 which shows that there is an influence of the learning model blended learning application assistance sevima edlink to self esteem. Keywords: Blended learning, problem solving skill mathematical,self esteem, sevima edlink

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Aug 2023 03:13
Last Modified: 04 Aug 2023 03:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29275

Actions (login required)

View Item View Item