PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIKSELF MANAGEMENT DALAM MEREDUKSI PERILAKUPROKRASTINASI AKADEMIK SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADAPESERTA DIDIK KELAS IXDCC GLOBAL BANDAR LAMPUNG

Novia, Sari Putri (2023) PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIKSELF MANAGEMENT DALAM MEREDUKSI PERILAKUPROKRASTINASI AKADEMIK SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADAPESERTA DIDIK KELAS IXDCC GLOBAL BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of NOVIA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik self management dalam mereduksi perilaku prokrastinasi Akademik selama pembelajaran daring pada peserta Didik kelas IX DCC Bandar Lampung ini dilatar belakangi oleh sering munculnya permasalahan prokrastinasi akademik pada peserta didik. Maka dari itu peneliti ingin melihat pengaruh pelaksanan layanan konseling kelompok dengan teknik self management dalam mereduksi prokrastinasi akademik pada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik self management dalam mereduksi prokrastinasi akademik pada peserta didik kelas IX DCC Global Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara dan observasi. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi�eksperiment nonequivalent control group design. Dalam penelitian ini berfokus pada Pengaruh pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik self management dalam mereduksi prokrastinasi akademik pada peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX yang berjumlah peserta didik yang memiliki permasalahan prokrastinasi akademik. Dengan teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Dari hasil perhitungan skor rata�rata pretest prokrastinasi akademik peserta didik diperoleh kelompok eksperimen dan kelompok kontrol , setelah mengikuti konseling kelompok dengan teknik self management skor posstest kelompok eksperimen mengalami penurunan menjadi , dan kelompok kontrol yang diberi bimbingan kelompok menjadi . Dari hasil uji non parametrik wilcoxon menggunakan SPSS versi didapatkan hasil Asymp. Sig. ( -tailed) angka probabilitas , jadi > maka Ho ditolak Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik self management efektif dalam mereduksi prokrastinasi akademik peserta didik di DCC Global Bandar Lampung tahun ajaran . Kata Kunci: Self Management, Konseling Kelompok, Prokrastinasi akademik. ABSTRACT Research on the implementation of group counseling services using self-management techniques in reducing academic procrastination behavior during online learning in class IX DCC Bandar Lampung students is motivated by the frequent emergence of problems of academic procrastination in students. Therefore, researchers want to see the effect of implementing group counseling services with self-management techniques in reducing academic procrastination in students. The purpose of this study was to determine the effect of implementing group counseling services with self�management techniques in reducing academic procrastination in class IX students of DCC Global Bandar Lampung. This study used data collection techniques in the form of questionnaires, interviews and observations. The approach to this study is a quantitative approach with a nonequivalent control group design quasi-experimental research design. This study focuses on the effect of implementing group counseling services with self�management techniques in reducing academic procrastination in students. The sample in this study was class IX students, totaling students who had academic procrastination problems. The sampling technique used is purposive sampling. From the results of calculating the average pretest score of students' academic procrastination, it was obtained that the experimental group was and the control group was after participating in group counseling with self�management techniques, the posttest score of the experimental group decreased to and the control group which was given group guidance . From the results of the Wilcoxon non-parametric test using SPSS version , the Asymp results were obtained. Sig. ( - tailed) probability number , so > then Ho is rejected Ha is accepted. Thus it can be concluded that group counseling services using self-management techniques are effective in reducing students' academic procrastination at DCC Global Bandar Lampung for the academic year. Keywords: Self Management, Group Counseling, Academic procrastination.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Aug 2023 03:04
Last Modified: 04 Aug 2023 03:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29273

Actions (login required)

View Item View Item