PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MTS NEGERI 1 MENGGALA TULANG BAWANG LAMPUNG

SELVY, TAMARA (2023) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MTS NEGERI 1 MENGGALA TULANG BAWANG LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SELVY TAMARA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MTS NEGERI 1 MENGGALA TULANG BAWANG LAMPUNG Oleh Selvy Tamara Sebagai pemimpin, kepala madrasah harus meningkatkan kinerja para guru atau bawahannya dalam mempengaruhi, membimbing, dan menggerakkan yang dapat menyebabkan guru tergerak untuk melakukan tugas secara efisien sehingga kinerja akan lebih baik. Kinerja guru pada dasarnya yaitu dapat menjalankan tugasnya sebagai pendidik. Kualitas kegiatan guru akan sangat menentukan kualias hasil pendidikan. Guru merupakan pihak yang paling banyak bersentuhan lansung dengan siswa dalam proses pembelajaran dilembaga pendidikan madrasah, kinerja guru lebih tertuju pada prilaku pendidik dalam keefektifan pendidikan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dapat mempengaruhi peserta didik untuk mencapai tujuannya. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepemimpin kepala madrasah dan manajemen berbasis madrasah terhadap kinerja guru di MTs Negeri 1 Menggala Tulang Bawang Lampung. Penelelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan Field Research. Populasi dalam penelitian ini adalah di Mts Negeri 1 Menggala Tulang Bawang Lampung. Jumlah sampel sebanyak 36 orang guru. Tekhnik pengambilan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dengan bantuan program SPSS Vers 25 Fow Windows. Uji validitas menggunakan Tekhnik korelasi Product Moment Person. Uji reabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach dengan bantuan dari SPSS Vers 25 For Windows. Uji persyaratan analis terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, Homogenitas dan iv teknik analisi data menggunakan uji regresi berganda dengan uji T, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang positif dan siginfikan kepemimpinan kepala madarash terhadap kinerja guru di MTs Negeri 1 Menggala Tulang Bawang Lampung, dimana Thitung (3.926) > Ttabel (2,034). 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan manajemen berbasis madrasah terhadap kinerja guru di MTs Negeri 1 Menggala Tulang Bawang Lampung, dimana Thitung (2.638) > Ttabel (2,034). Secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kepemimpinan kepala madrasah dan manajemen berbasis madrasah secara bersama-sama terhadap kinerja guru di MTs Negeri 1 Menggala Tulang Bawang Lampung, dimana Fhitung (12.537) > Ftabel (4,14). Berdasarkan koefisien determinasi (R Square) = 0,432 atau 43,2% besar pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan manajemen berbasis madrasah terhadap kinerja guru di MTs Negeri 1 Menggala Tulang Bawang Lampung sebesar 43,2% dan sisanya 56,8%dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti oleh peneliti. Kata kunci: Kepemimpinan kepala madrasah, Manajemen berbasis madrasah, Kinerja guru v ABSTRACT THE INFLUENCE OF LEADERSHIP OF THE HEAD OF MADRASAH AND MADRASA H -BASED MANAGEMENT ON TEACHERS PERFORMANCE IN MTS NEGERI 1, PENGGALA TULANG BAWANG LAMPUNG By Selvy Tamara As a leader , the madrasa head must improve the performance of his teachers or subordinates in influencing, guiding, and mobilizing which can cause teachers to be moved to carry out tasks efficiently so that performance will be better. Teacher performance is basically that of being able to carry out their duties as educators. The quality of teacher activities will greatly determine the quality of educational outcomes. The teacher is the party that has the most direct contact with students in the learning process in madrasa education institutions, the teacher's performance is more focused on the behavior of educators in the effectiveness of education in carrying out their duties and responsibilities can influence students to achieve their goals. This study aims to determine how much influence the leadership of the madrasah head and madrasah -based management have on teacher performance at MTs Negeri 1 Menggala Tulang Bawang Lampung. This research uses a quantitative approach with the type of Field Research field research. The population in this study was at Mts Negeri 1 Menggala Tulang Bawang Lampung. The number of samples is 36 teachers. The data collection technique uses a questionnaire with a Likert scale. Data were analyzed by descriptive analysis with the help of the SPSS Vers 25 Fow Windows program . Validity test using the Product Moment Person correlation technique. The reliability test used the Alpha Cronbach technique with help from SPSS Vers 25 For Windows . The analysis requirements test consists of a normality test, linearity test, homogeneity and data analysis techniques using multiple regression tests with the T test, F test, and the coefficient of determination. vi The results of this study indicate that: 1) There is a positive and significant influence of the madarash principal's leadership on teacher performance at MTs Negeri 1 Menggala Tulang Bawang Lampung, where T count ( 3,926 ) > T table (2,034 ). 2) There is a positive and significant effect of madrasah- based management on teacher performance at MTs Negeri 1 Menggala Tulang Bawang Lampung, where T count ( 2,638 ) > T table (2,034) . Simultaneously there is a positive and significant influence of principal leadership and school�based management together on teacher performance at MTs Negeri 1 Menggala Tulang Bawang Lampung, where F count (12,537) > F table ( 4.14 ) . Based on the coefficient of determination (R Square) = 0.4 3 2 or 43.2%, the influence of principal leadership and school-based management on teacher performance at MTs Negeri 1 Menggala Tulang Bawang Lampung is 43.2% and the remaining 56.8% is influenced by other variables that are not examined by researchers. Keywords: Principal leadership, school-based management, teacher performance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Aug 2023 02:57
Last Modified: 03 Aug 2023 02:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29255

Actions (login required)

View Item View Item