LITERASI DIGITAL (DIGITAL LITERACY) SISWA SMP ALAM LAMPUNG DALAM PEMBELAJARAN IPA

KOMARIYAH, Tarsim (2023) LITERASI DIGITAL (DIGITAL LITERACY) SISWA SMP ALAM LAMPUNG DALAM PEMBELAJARAN IPA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of KOMARIYAH FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Di era digital, hoaks dianggap sebagai masalah serius karena menunjukkan bahwa masyarakat tidak terlalu melek teknologi. Banyak pengguna internet di Indonesia, serta frekuensi tinggi mengakses konten informasi dan media sosial, terutama di kalangan generasi milenial, tidak diiringi dengan kesadaran yang cukup untuk menggunakan internet dengan bijak, terutama pemanfaatannya dalam pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk ) mendeskripsikan literasi digital siswa di SMP Alam Lampung dalam pembelajaran IPA ) menganalisis peran guru IPA dalam mengoptimalkan potensi peserta didik dalam literasi digital di SMP Alam Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan elaborasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII dan VIII SMP Alam Lampung sebanyak orang. Hasil yang digunakan berasal dari angket, wawancara dan lembar observasi. Pada penelitian ini diperoleh hasil dengan kriteria tinggi, data yang diperoleh menunjukkan literasi digital peserta didik di SMP Alam Lampung sudah baik. Akan tetapi peserta didik maih belum menguasai dalam beberapa dimensi literasi digital. Sekolah Alam Lampung sangat menunjang dalam pengembangan budaya literasi digital, pernyataan tersebut didiukung dengan adanya tiga lab utama dan dua diantaranya merupakan lab bioteknologi dan lab IT. Sekolah Menengah Pertama (SMP) Alam Lampung juga memiliki TIM IT yang bertugas membuat animasi dan berbagai video pembelajaran, serta memiliki program berupa projek sains dalam pembelajaran IPA. Berdasarkan keadaan yang ada di Sekolah Alam Lampung, dapat dilihat sebagai upaya sekolah dalam meningkatkan budaya literasi digital di sekolah Kata kunci: Digital Literasi; Sekolah Alam; Pembelajaran IPA iv ABSTRACT In the digital age, hoaks are considered a serious problem because they show that society is not too technologically intelligent. Many Internet users in Indonesia, as well as high frequency access to information content and social media, especially among millennials, are not accompanied by sufficient awareness to use the Internet wisely, especially its use in learning. The research aims to ) describe the digital literacy of students at SMP Alam Lampung in IPA learning ) analyze the role of IPA teachers in optimizing the potential of students in digital literature in SMP Alam lampung. This research uses qualitative methods with elaboration approach. The subjects of this study are the students of the th and th classes of the High School of Lighting with a total of people. The results used come from lifts, interviews and observation sheets. In this study obtained a result of with high criteria, the data gained showed the digital literacy of students in the SMP Alam Lampung was good. However, the pupils have not mastered some dimensions of digital literature. The Lampung School of Nature is very prominent in the development of digital literacy culture, the statement is supported by the presence of three main laboratories and two of them are biotechnology labs and IT labs. The Primary High School (SMP) of Alam Lampung also has an IT team that is responsible for making animations and various learning videos, as well as having a science project program in IPA learning. Based on the current situation in the School of Natural Lampung, it can be seen as a school effort in improving the culture of digital literacy in the school. Keywords: Literacy Digital; Nature school; Learning science

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Aug 2023 03:39
Last Modified: 02 Aug 2023 03:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29219

Actions (login required)

View Item View Item