PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK

REASY, CAHYA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of REASY FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Search Solve Create and Share untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan self efficacy peserta didik. Untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dilakukan tes dengan soal essay berjumlah soal pada materi tata surya dan self efficacy peserta didik dilakukan menggunakan tes dengan angket berjumlah pernyataan positif dan negative.Jenis penelitian yang telah dilakukan dalam penelitian ini adalah quasy experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA PGRI Katibung. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dengan kelas XI MIA sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIA sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data tes, wawancara, dan observasi. Berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas dan uji homogenitas diperoleh bahwa data terdistribusi normal dan homogen, kemudian dilakukan uji hipotesis menggunakan uji MANOVA. Hasil analisis data menunjukkan nilai sig sebesar yang berarti bahwa sig < sehingga H diterima atau terdapat pengaruh model pembelajaran search solve create and share untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan self efficacy peserta didik. Hasil uji hipotesis data hasil hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : ) terdapat pengaruh model pembelajaran search solve create and share terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi ) terdapat pengaruh model pembelajaran search solve create and share terhadap self efficacy peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Search, Solve Create and Share , Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi , Self Efficacy iv ABSTRACT This study aims to determine the effect of the Search Solve Create and Share learning model to improve student‟s higher order thinking skills and self-efficacy. To measure the high-level thinking ability of students, a test with essay questions totaling questions on fluida statis and student self efficacy is carried out using a test with a questionnaire totaling positive and negative statements. The type of research that has been done in this study is a quasy experiment with a nonequivalent control group design. The population in the study were all students of class XI MIA SMA PGRI Katibung. The sampling technique used purposive sampling with class XI MIA as a control class and XI MIA as the experimental class. This study uses data collection techniques of test, interviews and observations. Based on tayhe results of the calculation of the normality test and homogeneity test, it was found that the data was normally distributed and homogeneous, then the hypothesis test was carried out using thae MANOVA test. The results of data analysis show a sig value of which means that sig < so that H is accepted or there is an effect of the Search Solve Create and Share learning model to improve student‟s higher order thinking skills and self-efficacy. The results of the data hypothesis test results of this study can be concluded that ; ) there is an effect effect of the Search Solve Create and Share learning model to improve student‟s higher order thinking skills ; ) effect of the Search Solve Create and Share learning model to improve student‟s self efficacy Keywords : Search Solve Create and Share learning model, higher order thinking skills, self-efficacy

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Aug 2023 03:14
Last Modified: 02 Aug 2023 07:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29213

Actions (login required)

View Item View Item