PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL)TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR PADA PESERTA DIDIK SMA

EMILIA, DWI ANGGREINI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL)TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR PADA PESERTA DIDIK SMA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI EMILIA DWI ANGGREINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning antara peserta didik yang menggunakan gaya berpikir Sekunsial Konkret (AK), Sekunsial Abstrak (SA), Acak Konkret (AK) dan Acak Abstrak (AA) terhadap pemahaman konsep peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperiment dengan desain penelitian Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Kebuntebu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Cluster Random Sampling dengan sampel kelas XI MIA I sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA II sebagai kelas kontrol. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa soal essay untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep peserta didik, angket gaya berpikir untuk mengetahui gaya berpikir peserta didik. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji independent sample t-test. Hasil uji hipotesis data hasil penelitian ini didapat kan hasil bahwa: 1) ada pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning terhadap pemahaman konsep pada peserta didik yang menggunakan gaya berpikir sekunsial konkret (SK). 2) ada pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning terhadap pemahaman konsep pada peserta didik yang menggunakan gaya berpikir sekunsial abstrak (SA), 3) pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning terhadap pemahaman konsep pada peserta didik yang menggunakan gaya berpikir acak konkret (AK), 4) pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning terhadap pemahaman konsep pada peserta didik yang menggunakan gaya berpikir acak abstrak (AA). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) efektif terhdap kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Kata kunci: Model Pembelajaran Brain Based Learning (BBL), Kemampuan Pemahaman Konsep, Gaya Berpikir iii ABSTRACT This study aims to determine the effect of the Brain Based Learning Learning Model among students who use Concrete Sequential (AK), Abstract Sequential (SA), Concrete Random (AK) and Random Abstract (AA) thinking styles on students' understanding of concepts. The research method used is Quasy Experiment with the Control Group Pretest-Posttest Design. The population in this study were all students of class XI MIA at SMA Negeri 1 Kebuntebu. The sampling technique used was the Cluster Random Sampling technique with a sample of class XI MIA I as the experimental class and class XI MIA II as the control class. The instruments used in this study were in the form of essay questions to measure students' conceptual understanding abilities, a thinking style questionnaire to determine students' thinking styles. Test the research hypothesis using the independent sample t-test. The results of testing the hypothesis of the data from this study obtained the results that: 1) there is an influence of the Brain Based Learning learning model on understanding concepts in students who use a concrete sequential thinking style (SK). 2) there is an effect of the Brain Based Learning learning model on understanding concepts in students who use abstract sequential thinking style (SA), 3) the effect of Brain Based Learning learning model on understanding concepts in students who use concrete random thinking style (AK), 4) the effect of Brain Based Learning learning model on understanding concepts in students who use abstract random thinking style (AA). Thus it can be concluded that the Brain Based Learning (BBL) learning model is effective for students' conceptual understanding abilities. Keywords: Brain Based Learning (BBL) Learning Model, Ability to Understand Concepts, Thinking Style

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Aug 2023 07:59
Last Modified: 01 Aug 2023 07:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29205

Actions (login required)

View Item View Item