PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEAKTIFAN DAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAN 1 SUKOHARJO

OKTAVIA, NINGSIH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEAKTIFAN DAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAN 1 SUKOHARJO. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI OKTAVIA NINGSIH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan yang terdapat pada penelitian ini adalah (1) Rendahnya keaktifan belajar siswa,(2) rendahnya berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran fisika. Model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) merupakan model pembelajaran yang memungkinkan siswa mendapatkan pengalaman yang berbeda dengan mempelajari materi yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Ekperiment. Teknik pemilihan sampel menggunakan Cluster Random Sampling pada seluruh kelas XI SMAN 1 Sukoharjo, kemudian diperoleh sampel yaitu kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrument penelitian ini berupa eesay dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan Independent sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Numbered Heads Together (NHT) terhadap keaktifan dan berpikir kreatif siswa dengan perolehan nilai 0,000 < 0,05. Simpulannya yaitu (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI di SMAN 1 Sukoharjo dengan nilai signifikan yang diperoleh 0,00. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap berpikir kreatif siswa kelas XI di SMAN 1 Sukoharjo dengan signifikan yang diperoleh 0,00. Kata Kunci : Model Numbered Heads Together (NHT) Keaktifan, Berpikir Kreatif, Model. iii ABSTRACT The problems found in this study are (1) low student learning activity, (2) low student creative thinking in physics learning. Learning model Numbered Heads Together (NHT) is a learning model that allows students to get different experiences by studying the same material. This study aims to determine the effect of the Numbered Heads Together (NHT) cooperative learning model on student learning activeness in physics subjects. This type of research is a quantitative research method Almost Experiment. The sample selection technique usesCluster Random Sampling in all class XI SMAN 1 Sukoharjo, then the samples were obtained, namely class XI IPA 3 and XI IPA 4 as the control class and the experimental class. The research instrument is in the form of essays and observation sheets. Data analysis techniques using Independent sampel t-test. The research results show that there is a significant influence of the model Numbered Heads Together (NHT) on the activeness and creative thinking of students with a score of 0.000 < 0.05. The conclusion is (1) there is an influence of the type of cooperative learning model Numbered Heads Together (NHT) on the activeness of class XI students at SMAN 1 Sukoharjo with a significant value of 0.00. (2) There is an influence of the type of cooperative learning model Numbered Heads Together (NHT) on the creative thinking of class XI students at SMAN 1 Sukoharjo with a significant gain of 0.00. Keywords :Model Numbered Heads Together (NHT) Liveliness, Creative Thinking, Modeling.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Aug 2023 07:51
Last Modified: 01 Aug 2023 07:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29204

Actions (login required)

View Item View Item