ANALISIS KOMPETENSI MENGAJAR GURU IPA DALAM PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DI SMP KECAMATAN TULANG BAWANG TENGAH

Karla, Sandriani Bangun (2023) ANALISIS KOMPETENSI MENGAJAR GURU IPA DALAM PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DI SMP KECAMATAN TULANG BAWANG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1-2&DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI  KARLA SANDRIANI BANGUN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kompetensi mengajar merupakan seperangkat penguasaan pengetahuan dan kemampuan yang harus dimiliki oleh guru agar dapat melaksanakan pekerjaannya secara baik dan bertanggung jawab. Seorang guru yang memiliki kompetensi mengajar akan menciptakan siswa yang berkualitas, oleh karena itu kompetensi mengajar penting ada dalam pribadi seorang guru. Kompetensi mengajar dibagi menjadi empat yaitu kompetensi pedagogi, profesional, kepribadian, dan sosial. Penelitian ini berfokus kedalam kompetensi profesional, kompetensi profesional guru juga harus dapat menggunakan multimedia dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kompetensi profesionalitas guru IPA dalam penggunaan multimedia khususnya power point dan aplikasi pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survey. Penelitian ini dilakukan pada enam sekolah menengah pertama negeri di Kecamatan Tulang Bawang Tengah, yaitu SMPN 6 Tulang Bawang Barat, SMPN 7 Tulang Bawang Barat, SMPN 8 Tulang Bawang Barat, SMPN 9 Tulang Bawang Barat, SMPN 11 Tulang Bawang Barat, dan SMPN 12 Tulang Bawang Barat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh guru IPA di sekolah tersebut yang berjumlah 19 guru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu angket dan wawancara kepada guru IPA serta penyebaran angket kepada siswa guna mendukung hasil penelitian agar lebih objektif. Hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis data rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kompetensi profesionalitas mengajar guru IPA dalam penggunaan multimedia berada pada tingkat tinggi yaitu 69%. Temuan dalam penelitian ini yaitu guru menggunakan power point dikarenakan menurut mereka lebih mudah dalam menjelaskan, lebih menarik dan bervariasi. Sedangkan untuk aplikasi pembelajaran masih jarang digunakan, dikarenakan faktor usia responden yang kebanyakan 45 tahun keatas oleh sebab itu guru kurang mengetahui cara menggunakan teknologi�teknologi yang baru. Tidak hanya itu, aplikasi pembelajaran juga jarang digunakan dalam proses belajar mengajar dikarenakan ada beberapa sekolah yang melarang siswanya membawa smartphone ke sekolah. Kata Kunci : Kompetensi mengajar, Kompetensi profesional, Multimedia iii ABSTRACT Teaching competence is a set of knowledge and skills that teachers must possess in order to carry out their work effectively and responsibly. A teacher with teaching competence will produce quality students, which is why teaching competence is important for a teacher. Teaching competence is divided into four categories: pedagogical competence, professional competence, personal competence, and social competence. This study focuses on professional competence, in terms of professional competence, teachers should also be able to use multimedia in teaching. This study aims to measure the professional competence of science teachers in using multimedia, particularly power point and learning applications. This research utilized a quantitative descriptive approach with a survey method. The study was conducted in six public junior high schools in the Tulang Bawang Tengah District, namely SMPN 6 Tulang Bawang Barat, SMPN 7 Tulang Bawang Barat, SMPN 8 Tulang Bawang Barat, SMPN 9 Tulang Bawang Barat, SMPN 11 Tulang Bawang Barat, and SMPN 12 Tulang Bawang Barat. The sample consisted of 19 science teachers from these schools. Data were collected through questionnaires and interviews with science teachers, as well as distributing questionnaires to students to support the research results for greater objectivity. The data obtained were analyzed using percentage formula for data analysis. The results of the study showed that the level of professional competence of science teachers in using multimedia was high, at 69%. Teachers used power point because they found it easier to explain and it was more engaging and varied. On the other hand, learning applications were rarely used, mainly due to the age factor of the respondents, most of whom were 45 years old and above. Therefore, teachers were less familiar with how to use new technologies. Additionally, learning applications were seldom used in the teaching and learning process because some schools prohibited students from bringing smartphones to school. Keywords:Teaching Competence, Professional competence, Multimedia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Aug 2023 06:51
Last Modified: 01 Aug 2023 06:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29203

Actions (login required)

View Item View Item