PENGARUH PENERAPAN GREEN MARKETING TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN INDUSTRI ARJUNA TEMPE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Konsumen Industri Arjuna Tempe di Way Galih Kec. Tanjung Bintang, Lampung Selatan)

NURLELA, WATI (2023) PENGARUH PENERAPAN GREEN MARKETING TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN INDUSTRI ARJUNA TEMPE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Konsumen Industri Arjuna Tempe di Way Galih Kec. Tanjung Bintang, Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1-2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini melatarbelakangi masalah dalam peningkatan penjualan dimana adanya penurunan pendapatan yang disebabkan oleh perbedaan harga. Rumusan pada penelitian ini yaitu apakah green product, green price, green place, green promotion berpengaruh terhadap peningkatan penjualan, dan bagaimana peningkatan penjualan industri dalam perspektif ekonomi Islam. Tujuan nya untuk mengetahui apakah green product, green price, green place, green promotion berpengaruh terhadap peningkatan penjualan dan untuk mengetahui bagaimana peningkatan penjualan industri dalam perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dan penelitian penelitian keperpustakaan (Library Research) dengan jenis pendakatan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumen, dan kuesioner. Kuesioner disebarkan melalui google form dengan pertanyaan dan pernyataan yang dibuat oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan analisis Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan aplikasi SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Green Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan. Hasil ini dilihat dari pengujian perindikator yaitu green product berpengaruh positif yaitu (0.256 > 0) dan nilai signifikansi yaitu (0.025 < 0.05). Green Price berpengaruh positif yaitu (0.314 > 0) dan nilai signifikansi yaitu (0.020 < 0.05). Green Place berpengaruh positif yaitu (0.154 > 0) dan tidak signifikansi yaitu bernilai (0.231 < 0.05). Green Promotion berpengaruh positif yaitu (0.271 > 0) dan nilai signifikansi yaitu (0.047 < 0.05). Dalam perspektif ekonomi Islam memandang bahwa strategi pemasaran mencontoh praktik pemasaran dan sifat Nabi Muhammad Saw. Siddiq (Jujur, Benar), Amanah (Dapat Dipercaya), Fathanah (Cerdas). Kata Kunci : Green Marketing, Product, Price, Place, promotion, dan Peningkatan Penjualan. ABSTRACT This research has a background problem in increasing sales where there is a decrease in income caused by price differences. The formulation in this study is whether green product, green price, green place, green promotion affect sales increase, and how to increase industrial sales in an Islamic economic perspective. The aim is to find out whether green product, green price, green place, green promotion have an effect on increasing sales and to find out how to increase industry sales in an Islamic economic perspective. This research uses field research (Field Research) and library research (Library Research) with a quantitative research approach. Collecting data using interviews, documents, and questionnaires. Questionnaires were distributed via google form with questions and statements made by researchers. This study uses the Partial Least Square (PLS) based Structural Equation Model (SEM) analysis using the SmartPLS version 3.0 application. The results of this study indicate that the Green Marketing variable has a positive and significant effect on increasing sales. These results are seen from the indicator test, namely green product has a positive (0.256 > 0) and a significance value of (0.025 <0.05). Green Price has a positive and significant effect on increasing sales this can be seen from the value of the path coefficient indicating a unidirectional relationship or positive value (0.314 > 0) and a significance value of (0.020 < 0.05). Green Place has a positive and (0.154 > 0) and a not significance value of (0.231 <0.05). Green Promotion has a positive (0.271 > 0) and a significance value of (0.047 < 0.05). From an Islamic economic perspective, the marketing strategy is modeled on marketing practices and the characteristics of the Prophet Muhammad. Siddiq (Honest, True), Amanah (Trustworthy), Fathanah (Intelligent) Especially in the business world, good communication and a positive response must be applied in order to establish a good relationship so as to increase sales. Keywords : Green Marketing, product, price, place, promotion and increased sales.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jul 2023 03:05
Last Modified: 31 Jul 2023 03:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29164

Actions (login required)

View Item View Item