PENGARUH VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIANCOFFEE SHOP DENGAN HEDONISME SEBAGAI MODERASI DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (STUDI PADA COFFEE SHOP QALU)

ANISA, KAIZAR (2023) PENGARUH VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIANCOFFEE SHOP DENGAN HEDONISME SEBAGAI MODERASI DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (STUDI PADA COFFEE SHOP QALU). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Persaingan muncul seiring dengan perkembangan teknologi dan globalisasi yang semakin canggih, mendorong berbagai macam perubahan sistem di dunia termasuk dunia bisnis. Dengan pengetahuan dan teknologi yang semakin memperluas perdagangan membuat persaingan binis semakin tinggi. Penerapan Viral Marketing yang baik diharapkan menjadi strategi yang tepat didukung dengan kuat kualitas kopi yang dipertahankan oleh coffee shop sehingga bisa mempengaruhi keputusan pembelian. Salah satu coffee shop yang menggunakan strategi viral marketing adalah coffee shop Qalu. Pembelian produk coffee shop Qalu sejak awal mengalami kenaikan terus-menerus tetapi hal tersebut tidak bertahan lama hal ini dapat dilihat melalui laporan keuangan coffee shop Qalu yang mengalami penurunan. Kualitas produk merupakan unsur yang harus selalu diperhatikan agar terciptanya kepuasan konsumen sehingga melakukan keputusan pembelian ulang. Sehingga penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Viral Marketing terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli produk coffee shop Qalu. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang mana data tersebut diperoleh melalui bantuan instrument penelitian berupa kuisoner. Sampel penelitian berjumlah 100 responden dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil perhitungan SPSS 22 dalam menguji hipotesis dengan taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji parsial (Uji T), Viral Marketing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dilihat dari signifikansi Viral Marketing sebesar 0,006 < 0,005 dan dapat dilihat dari Thitung sebesar 1,429 > 1,014. Hasil uji moderasi pada hubungan Viral Marketing dan keputusan pembelian terhadap Hedonisme berpengaruh secara positif dan signifikan dengan nilai Thitung sebesar 4,502 lebih besar dari Ttabel yang bernilai 1,014 dengan tingkat signifikan 0,05 yang lebih kecil 0,018 maka H2 diterima, dapat dipahami bahwa viral marketing dan keputusan pembelian merupakan variabel moderasi yang memperkuat hubungan viral marketing dan keputusan pembelian terhadap hedonisme. Selanjutnya dalam perspektif ekonomi islam keputusan pembelian adalah salah satu bentuk perilaku konsumen dalam menggunakan atau mengkonsumsi sesuatu produk, bukan hanya sekedar keinginan tetapi tujuan utamanya adalah pencapaian maslahat sehingga dapat dikatakan maslahah apabila terdapat kepuasan sendiri dan dirasakan oleh masyarakat. Kata Kunci: Viral Marketing, Keputusan Pembelian, Hedonisme, Bisnis Islam. ABSTRACT Competition arises along with technological developments and increasingly sophisticated globalization, encouraging various kinds of system changes in the world, including the business world. With knowledge and technology that is increasingly expanding trade, business competition is getting higher. Good Viral Marketing implementation is expected to be the right strategy supported by strong coffee quality that is maintained by the coffee shop so that it can influence purchasing decisions. One coffee shop that uses a viral marketing strategy is the Qalu coffee shop. The purchase of Qalu coffee shop products from the beginning has increased continuously but this did not last long, this can be seen through the financial statements of the Qalu coffee shop which have decreased. Product quality is an element that must always be considered in order to create customer satisfaction so that they make repeat purchase decisions. So this study aims to determine the effect of Viral Marketing on purchasing decisions. The research method used in this study is a quantitative method. The population used in this study are consumers who have purchased products from the Qalu coffee shop. The type of data used in this study is primary data where the data is obtained through the help of research instruments in the form of questionnaires. The research sample amounted to 100 respondents using the purposive sampling technique. The results of SPSS 22 calculations in testing the hypothesis with a significant level of 5% indicate that based on the results of the partial test (T test), Viral Marketing has a positive and significant effect on purchasing decisions. This can be seen from the significance of Viral Marketing of 0.006 < 0.005 and can be seen from the T count of 1.429 > 1.014. The results of the moderation test on the relationship between Viral Marketing and purchasing decisions on Hedonism have a positive and significant effect with a Tcount value of 4.502 which is greater than Ttable which is worth 1.014 with a significant level of 0.05 which is smaller than 0.018 then H2 is accepted, it can be understood that viral marketing and decisions purchase is a moderating variable that strengthens the relationship between viral marketing and purchasing decisions on hedonism. Furthermore, in the perspective of Islamic economics, purchasing decisions are a form of consumer behavior in using or consuming a product, not just a desire but the main goal is the achievement of benefits so that it can be said to be maslahah if there is self�satisfaction and is felt by the community. Keywords: Viral Marketing, Buying Decision, Hedonism, Islamic Business.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:34
Last Modified: 26 Jul 2023 07:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29107

Actions (login required)

View Item View Item