PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI SELF-REGULATED LEARNING

Rantika, Kirno (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI SELF-REGULATED LEARNING. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI RANTIKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar fisika pada peserta didik yang memiliki tingkat self-regulated learning tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Palas Kabupaten Lampung Selatan. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA dengan sampel X IPA 1 dan X IPA 2. Simple random sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal uraian, angket dan lembar observasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik dikategorikan baik. Berdasarkan analisis data bahwa model pembelajaran discovery learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika terbukti dari nilai dengan nilai signifikansi kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05) yang berarti ditolak dan diterima. Hal ini dilihat dari persentase kontribusi pengaruh self-regulated learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika di SMA Negeri 1 Palas sebesar 57%, sedangkan sisanya 43% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Discovery learning, Hasil belajar fisika, Self-regulated learning. ABSTRACT This study aims to determine the effect of the discovery learning model on physics learning outcomes in students who have high, medium, and low levels of self-regulated learning. This research was conducted at SMA Negeri 1 Palas, South Lampung Regency. The approach used is a quantitative approach with a type of quasi-experimental research. The population in this study was all students of class X science with samples X IPA 1 and X IPA 2. Simple random sampling as a sampling technique. The research instruments used are description questions, questionnaires and observation sheets. Hypothesis testing using t-test. Based on the results of this study, it shows that the learning outcomes of students are categorized as good. Based on data analysis the discovery learning model influences student learning outcomes in physics subjects as evidenced by the value of with a small significance value of 0.05 (0.00 < 0.05) which means rejected and accepted. This can be seen from the percentage of contribution the influence self-regulated learning on student learning outcomes in physics subjects at SMA Negeri 1 Palas by 57%, while the remaining 43% is influenced by other variables that were not included in this study. Keywords: Discovery learning, Physics Learning Outcomes, Self�regulated learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:46
Last Modified: 26 Jul 2023 04:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29088

Actions (login required)

View Item View Item