PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER PADA ERA MERDEKA BELAJAR

ANGGUN, VERONIKA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER PADA ERA MERDEKA BELAJAR. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANGGUN VERONIKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap pemahaman konsep peserta didik ditinjau dari perbedaan gender pada era merdeka belajar. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasy Eksperiment. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X yang terdiri dari X.1 sampai dengan X.5, dengan sampel yang digunakan X.2 sebagai kelas eksperimen dan X.3 sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah teknik cluster random sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep peserta didik yaitu tes soal uraian. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji anova dua arah/jalan. Hasil pengujian hipotesis pertama mendapatkan nilai signifikan 0,001<0,05 maka ditolak, hasil pengujian hipotesis kedua mendapatkan nilai signifikan 0,787<0,05 maka diterima, hasil pengujian hipotesis terakhir mendapatkan nilai signifikan 0,209>0,05 maka diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap pemahaman konsep peserta didik. 2) Tidak terdapat pengaruh perbedaan gender terhadap pemahaman konsep peserta didik. 3) Tidak terdapat interaksi antara model project based learning dan perbedaan gender terhadap pemahaman konsep peserta didik. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Perbedaan Gender, Model Project Based Learning, Merdeka Belajar. ABSTRACT This study aims to determine the effect of the learning model project based learning on students' conceptual understanding in terms of differences in gender in the era of independent learning. The research method used is Quasi Experience. The population used in this study was all class X consisting of X.1 to X.5, with the sample used X.2 as the experimental class and X.3 as the control class. The technique used for sampling is technique cluster random sampling. The instrument used in this study to measure students' conceptual understanding abilities was a description test. The hypothesis test used in this study is a two-way/road ANOVA test. The results of the first hypothesis test get a significant value of 0.001 <0.05 then it is rejected, the results of the second hypothesis test get a significant value of 0.787 <0.05 then it is accepted, the results of the last hypothesis test get a significant value of 0.209> 0.05 then it is accepted. Based on the results of hypothesis testing, it can be concluded that: 1) There is an influence of the learning model project based learning on students' conceptual understanding. 2) There is no difference effect gender on students' conceptual understanding. 3) There is no interaction between models project based learning and differences in gender on students' conceptual understanding. Keywords :Understanding Concepts, Gender Differences, Project Based Learning, Free to Study.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:43
Last Modified: 26 Jul 2023 03:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29087

Actions (login required)

View Item View Item