PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS XI SMA

Irda, Widia Prastika (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS XI SMA. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi Irda Widia Prastika.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas peserta didik pada pokok materi Gelombang Mekanik kelas XI. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasy eksperiment dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Populasi pada penelitian berjumlah 166 peserta didik kelas XI SMAN 2 Padang Cermin. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data berupa tes uraian yang berjumlah 4 butir soal untuk tes kemampuan pemecahan masalah dan 5 butir soal untuk tes kreativitas peserta didik. Uji hipotesis yang digunakan adalah Independent sampel t-test. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas peserta didik. Dengan hasil yang diperoleh menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti sig.(2- tailed) < 0,05 sehingga Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) pada pembelajaran fisika materi Gelombang Mekanik berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas peserta didik. Kata kunci: kreativitas, model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), pemecahan masalah. ABSTRACT This study aims to determine the effect of the Creative Problem Solving (CPS) learning model on students' ability to solve problems and creativity in the subject of Class XI Mechanical Waves. The research method used in this study was the quasi�experimental method with a pretest-posttest control group design. The study population consisted of 166 students in Class XI SMAN 2 Padang Cermin. The research sample was comprised of two classes, namely class XI MIPA 5 as the experimental group and class XI MIPA 3 as the control group, which were selected using purposive sampling technique. The data collection instruments used were a description test comprising of 4 items to test problem-solving abilities and 5 items to test students' creativity. The hypothesis test used was independet sampel t-test. Based on the research conducted, it was found that the Creative Problem Solving (CPS) learning model significantly influenced students' problem-solving abilities and creativity. The results obtained show a significance value of 0.000 which means the sig.(2-tailed) level is less than 0.05, thus Ha is accepted. This finding proves that the Creative Problem Solving (CPS) learning model applied in teaching mechanical waves has a positive effect on students' problem-solving skills and creativity. Keywords: creativity, creative problem solving (CPS) learning model, problem solving.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:10
Last Modified: 26 Jul 2023 03:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29084

Actions (login required)

View Item View Item