PENGARUH KETEPATAN WAKTU DAN KEAMANAN BARANG TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA JASA EKSPEDISI DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada J&T Express Drop Point Jl. Gatot Subroto Pahoman Bandar Lampung)

Luluk, Aulia Rachman (2023) PENGARUH KETEPATAN WAKTU DAN KEAMANAN BARANG TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA JASA EKSPEDISI DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada J&T Express Drop Point Jl. Gatot Subroto Pahoman Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Luluk Aulia Rachman.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Saat ini, kita hidup di zaman dimana komunikasi yang sangat didukung oleh teknologi. Pengaruh teknologi dalam kehidupan manusia saat ini sebagian besar organisasi mulai menyusun kembali untuk mengubah kerja mereka menjadi suatu organisasi yang berbasis teknologi komunikasi. Oleh karena itu perusahaan yang menyediakan jasa pengiriman memiliki peran yang penting bagi e-commerce menjadi tulang punggung guna menopang keberhasilan dan perkembangan pasar karena konsumen ingin memperoleh produk yang dibeli dengan cepat dan dengan harga yang terjangkau. J&T yang merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan jasa pengiriman barang. Perusahaan ini belum lama beroperasi dan berdiri pada 2015. J&T sudah tersebar di seluruh kota di indonesia, salah satunya di kota Lampung. J&T di wilayah Bandar lampung sendiri sudah memiliki sekitar 31 agen di kota Bandar lampung. Salah satu cabang besar J&T Express Drop Point di bandar lampung terletak di Jl. Gatot Subroto No.27A, Tj. Raya, Kedamaiaan, kota Bandar Lampung. Berdasarkan hasil survei kepada beberapa konsumen pada J&T Express Drop Point Jl gatot Subroto, Pahoman menyatakan bahwa dalam penggunaan jasa ekpedisi tersebut masih terdapat beberapa keluhan seperti barang hilang, kerusakan barang dan barang terlambat sampai tujuan. Namun keluhan keterlambatan barang lebih banyak, dan kehilangan serta kerusakan barang sangat jarang terjadi. Jenis penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan sifat penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen J&T Express Drop Point Jl gatot Subroto, Pahoman Bandar Lampung. Sampel yang dilakukan menggunakan teknik Accidental Sampling dengan sampel 81 responden. Uji prasarat analisis analisis pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisiras. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji analisis linier berganda, analisis koefisiensi determinasi, analisis uji signifikan parsial, dan uji signifikan simultan. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan IBM SPSS Versi 29.00 Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial atau individu variabel ketepatan waktu (X1) tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y), dengan nilai thitung pada variabel X1 lebih kecil dari nilai ttabel (-0,140 < 1,991) dengan nilai signifikasi (0,889 > 0,05) dan variabel keamanan barang X2 berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pengguna jasa ekspedisi (Y) dengan menunjukkan nilai thitung lebih besar daripada ttabel (3,225 > 1,991) dengan nilai signifikasi (0,002 < 0,005). Sedangkan secara simultan atau bersama-sama variabel ketepatan waktu(X1) dan keamanan barang (X2) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y), dengan nilai signifikasi untuk pengaruh X1 dan X2 terhadap Y adalah (0,007 < 0,05) dengan menunjukkan nilai Fhitung lebih besar daripada Ftabel (5,225 > 3,11). Hal tersebut dapat mengidentifikasi bahwa semakin tinggi tingkat ketepatan waktu dan keamanan barang akan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa ekspedisi J&T Express Drop Point Jl. Gatot Subroto, Pahoman Kota Bandar Lampung. Berdasarkan tinjauan perspektif bisnis Islam ketepatan waktu pengiriman memiliki dampak yang baik bagi konsumen, dengan ketepatan waktu pengiriman yang baik maka akan berakibat pada kepuasan pelanggan yang baik. Kata Kunci: Ketepatan Waktu, Keamanan Barang, Kepuasan Konsumen.ABSTRACT Currently, we live in an era where communication is highly supported by technology. The influence of technology in human life today, most organizations are starting to reorganize to transform their work into a communication technology-based organization. Therefore, companies that provide delivery services have an important role for e�commerce as the backbone to support market success and development because consumers want to get purchased products quickly and at affordable prices. J&T is a company that provides goods delivery services. This company has not been operating for a long time and was founded in 2015. J&T has spread throughout cities in Indonesia, one of which is in the city of Lampung. J&T in the Bandar Lampung area itself already has around 31 agents in the city of Bandar Lampung. One of the major J&T Express Drop Point branches in Bandar Lampung is located on Jl. Gatot Subroto No. 27A, Tj. Raya, Peace, the city of Bandar Lampung. Based on the results of a survey of several consumers at the J&T Express Drop Point Jl Gatot Subroto, Pahoman stated that when using the expedition service there were still several complaints such as lost goods, damage to goods and goods being late to their destination. However, there are more complaints about delays in goods, and loss and damage to goods is very rare. The type of research used is a type of quantitative research with descriptive research characteristics. The data collection method used is a questionnaire method that has been tested for validity and reliability. The population in this study are consumers of J&T Express Drop Point Jl Gatot Subroto, Pahoman Bandar Lampung. The sample was taken using the Accidental Sampling technique with a sample of 81 respondents. Prerequisite analysis analysis tests in this study used normality tests, multicollinearity tests, and heteroscedasticity tests. The hypothesis test used is multiple linear analysis test, coefficient determination analysis, partial significant test analysis, and simultaneous significant test. The data obtained was then processed using IBM SPSS Version 29.00 The results of this study indicate partially or individually the timeliness variable (X1) has no effect on customer satisfaction (Y), with the tcount value on the X1 variable smaller than the ttable value (-0.140 <1.991) with a significance value (0.889 > 0.05) and the goods safety variable X2 has an effect on consumer satisfaction of expedition service users (Y) by showing the tcount value is greater than ttable (3.225 > 1.991) with a significance value (0.002 <0.005). While simultaneously or together the variables of timeliness (X1) and goods safety (X2) have an effect on consumer satisfaction (Y), with a significance value for the effect of X1 and X2 on Y is (0.007 <0.05) indicating a Fcount value of more than bigger than Ftable (5.225 > 3.11). This can identify that the higher the level of timeliness and safety of goods will affect consumer satisfaction in using the J&T Express Drop Point expedition services, Jl. Gatot Subroto, Pahoman of Bandar Lampung City. Based on a review of the Islamic business perspective, punctuality of delivery has a good impact on consumers, with good punctuality of delivery, it will result in good customer satisfaction. Keywords: Timeliness, Goods Safety, Consumer Satisfaction.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jul 2023 04:09
Last Modified: 24 Jul 2023 04:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29029

Actions (login required)

View Item View Item