PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN LUAS LAHAN TERHADAP PENDAPATAN (Studi Pada Petani Kelapa Sawit KUD Jaya Makmur Desa Bumi Makmur Kec. Mesuji Raya Kab. Ogan Komering Ilir)

ARIF, WIBOWO (2023) PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN LUAS LAHAN TERHADAP PENDAPATAN (Studi Pada Petani Kelapa Sawit KUD Jaya Makmur Desa Bumi Makmur Kec. Mesuji Raya Kab. Ogan Komering Ilir). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ARIF.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Pendapatan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam menentukan laba atau rugi dari suatu usaha, salah satu indikator utama ekonomi untuk mengukur kemampuan ekonomi masyarakat adalah tingkat pendapatan masyarakat. Biaya Produksi dan Luas Lahan merupakan bagian dari indikator Pendapatan, artinya jika Biaya Produksi sudah diminimalkan dan Luas Lahan baik, maka akan berpengaruh terhadap Pendapatan. Namun hasil observasi dilapangan berbeda dengan teori, variabel Biaya Produksi tidak sesuai yang di harapkan masyarakat. Artinya Pendapatan Petani di KUD Jaya Makmur Desa Bumi Makmur Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir dikatakan tidak sesuai dengan Biaya produksi yang dikeluarkan sedangkan variabel Luas Lahan sudah sesuai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh biaya produksi dan luas Lahan berpengaruh terhadap pendapatan petani kelapa sawit KUD Jaya Makmur serta untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh biaya produksi dan luas Lahan berpengaruh secara simultan terhadap pendapatan petani kelapa sawit KUD Jaya Makmur. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan Metode yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang dibantu dengan software SPSS (Statistical Package For Sosial Science) 20. Sumber data yang digunakan adalah data primer berupa hasil observasi, wawancara, dan data skunder meliputi dokumen dan arsip KUD Jaya Makmur. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 32 kelompok tani, dengan pengambilan sampel menggunakan jenis total sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di KUD Jaya Makmur Desa Bumi Makmur Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir dapat disimpulkan bahwa Biaya produksi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pendapatan petani. Luas lahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pendapatan. Biaya produksi dan luas lahan berpengaruh simultan signifikan terhadap petani kelapa sawit KUD Jaya Makmur. Petani harus dapat mengefisienkan biaya produksi dan memanfaatkan sebaik mungkin luas lahan yang ada sehingga memperoleh pendapatan yang layak bagi petani kelapa sawit. . Nilai-nilai islam merupakan faktor penting dalam rumah tangga seorang muslim, maka haruslah dipahami bahwa seluruh aktivitas ekonomi didalamnya, harus dilandasi legalitas halal�haram. Islam tidak bisa mentolerir distribusi pendapatan yang sumbernya diambil dari yang haram, Pada prinsipnya Islam lebih menekankan berproduksi demi untuk memenuhi kebutuhan. Dalam mewujudkan kesejahteraan yang hakiki merupakan dasar sekaligus tujuan utama dari syariat Islam dan merupakan tujuan didunia dan diakhirat. Kata kunci : Biaya produksi, Luas lahan, Pendapatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jul 2023 01:51
Last Modified: 20 Jul 2023 01:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28938

Actions (login required)

View Item View Item