Rika, Anggriani (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DENGAN PEDEKATAN SCAFFOLDING UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mendapatkan kesulitan dalam mengerti materi suhu dan kalor. Kendala�kendala yang terjadi karena minimnya ketersediaan pendukung belajar sehingga mengakibatkan proses pembelajaran yang kurang efektif. Saat ini, bahan ajar yang mudah digunakan siswa yakni dalam bentuk bahan ajar seperti LKPD. Selain itu, LKPD yang diaplikasikan sekarang belum memfasilitasi KPS secara maksimal Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D), yang bertujuan untuk mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive yaitu dipilih dengan sengaja dan sesuai tujuan, karena lembar kerja peserta didik yang akan dihasilkan di peruntukkan bagi peserta didik Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) kelas VII yang menggunakan kurikulum 2013. Data yang didapatkan di Analisis dengan menggunakan Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini telah menghasilkan lembar kerja peserta didik LKPD dengan pendekatan staffolding untukmelatih keterampilan didalam materi kalor dan perpindahannya. LKPD yang dihasilkan ini sudah melalui Tahapan yaitu tahapan pendefinisian, tahapan perancangan, pengembangan, dan uji coba. Dari hasil sebaran angket yang di sebarkan kepada ahli materi, ahli media, tenaga pendidik fisika SMPN 4 Banjit dan peserta didik SMPN 4 Banjit didapatkan nilai persentase kelayakan LKPD sebesar 77% hingga 100%. Nilai ini menyatakan LKPD yang digunakan didalam penelitian sudah sangat layak digunakan. Kata kunci : Pendidikan Fisika, Lembar kerja peserta didik dan Pendekatan scaffolding iv ABSTRACT This study shows that students have difficulty understanding temperature and heat material. Constraints that occur due to the lack of availability of learning support resulting in a less effective learning process. At present, teaching materials that are easy for students to use are in the form of teaching materials such as LKPD. In addition, the currently applied LKPD has not maximally facilitated KPS. This type of research is Research and Development (R&D), which aims to develop a new product or improve an existing product. The research location was determined purposively, namely chosen deliberately and according to purpose, because the student worksheets to be produced were intended for Class VII Junior High School (SMP) students who used the 2013 curriculum. The data obtained was analyzed using data analysis techniques. with quantitative descriptive analysis. The results of this study have produced worksheets for student worksheets with a staffolding approach to practice skills in heat and its transfer. The resulting LKPD has gone through the stages of defining, designing, developing, and testing. From the results of the distribution of questionnaires distributed to material experts, media experts, physics educators at SMPN 4 Banjit and SMPN 4 Banjit students, the percentage value for LKPD eligibility was 77% to 100%. This value indicates that the LKPD used in the study is very feasible to use. Keywords: Physics Education, student worksheets and the scaffolding approach
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 06:18 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 06:18 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28924 |
Actions (login required)
View Item |