PENGARUH METODE MNEMONIK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ILMIAH SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII DI SMP QURAN RIYADHUS SHOLIHIN

UMU, KULSUM (2023) PENGARUH METODE MNEMONIK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ILMIAH SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII DI SMP QURAN RIYADHUS SHOLIHIN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI UMMU KULSUM..pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH METODE MNEMONIC TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ILMIAH SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII DI SMP QURAN RIYADHUS SHOLIHIN Oleh: Umu Kulsum Penelitian ini di latar belakangi adanya faktor rendahnya kemampuan Scientific reassoning peserta didik. Masalah yang akan diteliti yaitu mengenai pengaruh metode pembelajaran mnemonic terhadap kemampuan Penalaran Ilmiah peserta didik. Penelitian ini merupakan Quasi Eksperimen menggunakan desain Randomized Control Group Only Posttest Design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 51 peserta didik kelas VII SMP Quran Riyadhus Sholihin. Sampel penelitian inti terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas Eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik random sampling sederhana. Instrumen pengumpulan data berupa tes pilihan ganda beralasan yang berjumlah 12 butir soal yang dikembangkan berdasarkan Lawson Classroom Test Scientific Reasoning (LCTSR). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh data yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode Mnemonic terhadap kemampuan Scientific Reasoning peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan hasil signifikan yang diperoleh sebesar Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa pada variable kemamuan penalaran ilmiah thitung > ttabel sebesar 3,538 > 2,006 sehingga H1 diterima. Berdasarkan hasil tersebut terbukti bahwa metode Mnemonic berpengaruh terhadap kemampuan Scientific Reasoning peserta didik. Kata Kunci: Metode Mnemonic, Penalaran Ilmiah (Scientific Reasoning)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jul 2023 06:45
Last Modified: 12 Jul 2023 06:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28843

Actions (login required)

View Item View Item