PENGEMBANGAN DESAIN DIDAKTIS BAHAN AJAR BERNUANSA ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN LITERASI LINGKUNGAN

EVA, FITRI RAHMAWATI (2023) PENGEMBANGAN DESAIN DIDAKTIS BAHAN AJAR BERNUANSA ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN LITERASI LINGKUNGAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL EVA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar modul. Produk yang dihasilkan adalah modul desain didaktis bernuansa Islami untuk peserta didik kelas VIII MTs/SMP pada materi bnagun ruang sisi datar. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R & D) dan model pengembangan ADDIE dengan lima tahap pengembangan. Teknik pengumpulan yang digunakan yaitu wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian adalah modul desain didaktis bernuansa Islami yang cukup layak digunakan sebagai bahan ajar untuk meningkatkan pemahaman konsep dan literasi lingkungan. Kelayakan modul desain didaktis bernuansa Islami yang diperoleh dari ahli materi, ahli media, dan ahli Agama. Ahli materi ―cukup valid‖ dengan skor data-rata sebesar 3,20, ahli media dengan skor rata-rata sebesar 3,53 kriteria ―valid‖ dan ahli Agama dengan skor rata-rata sebesar 3,87 kriteria ―valid‖. Respon peserta didik terhadap modul desain didaktis bernuansa Islami diperoleh pada uji coba kelompok kecil yaitu ―sangat menarik‖ dengan skor sebesar 3,58 dan pada uji coba kelompok besar mendapat kriteria ―sangat menarik‖ dengan skor kemenarikan sebesar 3,76. Pada uji efektifitas kemampuan pemahaman konsep diperoleh skor uji effect size sebesar 0,539 dengan kategori ―sedang‖ dan pada kemampuan literasi lingkungan diperoleh skor uji effect size sebesar 0,479 dengan kategori ―rendah‖. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa modul desain didaktis bernuansa Islami valid, menarik serta efektif digunakan sebagai bahan ajar matematika dikelas MTs/SMP kelas VIII. Kata Kunci: Modul; Desain Didaktis Bernuansa Islami; Pemahaman Konsep;Literasi Lingkungan. iv ABSTRACT This study aims to develop module teaching materials. The resulting product is a didactic design module with Islamic nuances for class VIII MTs/SMP students on flat sided room building material. The method used is research and development (R & D) and the ADDIE development model with five stages of development. The collection techniques used were interviews, questionnaires, documentation, and tests. The results of the research are didactic design modules with Islamic nuances which are quite suitable for use as teaching materials to increase understanding of environmental concepts and literacy. The feasibility of didactic design modules with Islamic nuances was obtained from material experts, media experts, and religion experts. Material experts are "quite valid" with an average data score of 3.20, media experts with an average score of 3.53 are "valid" criteria and religious experts with an average score of 3.87 are "valid" criteria. Student responses to the didactic design module with Islamic nuances were obtained in the small group trial, namely "very interesting" with a score of 3.58 and in the large group trial, the criterion was "very interesting" with an attractiveness score of 3.76. In the effectiveness test of the ability to understand concepts, an effect size test score of 0.539 was obtained in the "moderate" category and in the environmental literacy ability an effect size test score was obtained of 0.479 in the "low" category. Therefore it can be concluded that the didactic design module with Islamic nuances is valid, attractive and effective to be used as mathematics teaching material in class VIII MTs/SMP

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jul 2023 02:27
Last Modified: 04 Jul 2023 02:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28770

Actions (login required)

View Item View Item